Puncak Gunung Tertinggi di Dunia Tak Lagi Dipegang Mount Everest

Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

Puncak Gunung Tertinggi di Dunia, Selama waktu ini ada banyak orang yang mengatakan bahwa puncak Everest di Himalaya adalah gunung tertinggi atau permukaan bumi di atas permukaan laut tapi taukah kamu ada gunung yang bernama Mauna Kea, sebuah gunung berapi tidak aktif yang terletak di Hawaii memegang rekor sebagai gunung tertinggi di dunia sekarang ini, mengalahkan Everest.

Memang ini adalah puncak Everest atau pegunungan Himalaya, pada ketinggian yang lebih tinggi, tetapi itu tidak membuat itu lebih tinggi dan bahwa itu adalah yang tertinggi. Mauna Kea hanya mencapai ketinggian sekitar 4.205 meter di atas permukaan laut, namun gunung berapi ini terkenal membentang sepanjang 6000 meter di bawah permukaan air. Diukur dari basis di dasar laut, tinggi puncak gunung ini mencapai 10.200 meter, sehingga hampir berjarak mengalahkan Himalaya, seperti dilansir dari okezone.com.

Seperti teman saya yang bernama kameron alias maryono dari ungaran yang hidup sebatangkara yang sangat hobi bahkan tiap minggu muncak gunung untiuk mencari jodohnya.

Bagi orang yang menyukai mendaki Everest  untuk mencapai puncak tertinggi di dunia, tampaknya telah sia-sia. Mereka tidak benar-benar mendaki gunung tertinggi di dunia. Menurut para ilmuwan, realitas Everest dilampaui oleh Chimborazo, gunung di Ekuador. Tapi dalam metrik tradisional, Everest masih berlaku: tingkat hampir 9.000 meter di atas laut, ribuan meter di atas saingan mereka.

Tapi itu tidak benar-benar menjadikan Everest sebagai gunung tertinggi, atau yg terdekat dengan ruang angkasa.

Chimborazo adalah tepatnya satu yang menempati dua posisi tersebut. Everest hanya memenangkan ketika diukur dari permukaan laut. Namun jika diukur dari pusat bumi, Chimborazo menang  bahkan Everest tidak akan disertakan di pegunungan tertinggi 20 dunia.

Mengapa demikian?

Ternyata bahwa semua itu terjadi karena bentuk bumi tidak bulat sempurna, tetapi rata di bagian atas dan bawah, dan berdiri di tengah-tengah.

Bentuk-bentuk yang memberikan manfaat bagi seluruh gunung yang terletak di khatulistiwa. Chimbarazo adalah salah satu manfaat tersebut, karena sangat dekat dengan pusat bumi yang menonjol. Sementara Everest adalah sekitar sepertiga dari itu.

dikutip dari New York Times, pendakia Eveerest yg baru-baru ini telah dilakukan oleh pendaki Research Institute untuk pembangunan di Perancis menemukan bahwa Everest sebenarnya hanya 15 kaki lebih pendek daripada sebelumnya dikenal.

Everest juga tidak memiliki gunung tertinggi ketika diukur dengan menggunakan model-model lain pengukuran. Mount Mauna Kea di Hawaii lebih besar dan lebih tinggi daripada Everest ketika diukur dari bawah ke atas. Tapi karena bagian bawah dan hampir setiap bagian dari Mauna Kea terletak di laut, gunung ini tidak dapat mencocokkan tingkat rekor Everest gunung tertinggi di dunia ketika ukuran berkaitan dengan permukaan laut.

Everest dikenal mencuat karena itulah menjadiannya gunung tertinggi ketika diukur dari permukaan laut dan salah satu yang paling sulit untuk di daki. Chimborazo relatif mudah untuk di daki karena hanya membutuhkan waktu dua minggu untuk sampai puncak, sementara everest butuh waktu sekitar dua bulan untuk sampai ke puncaknya.

Puncak Gunung Tertinggi di Dunia Tak Lagi Dipegang Mount Everest | sentot | 4.5