Pengalaman Berlibur 4 Hari di Bali dgn Budget Murah Meriah

Posted on


advertisements


Anda suka berlibur ke Bali? Ya, aku pun tak dapat memungkiri. Daya tarik Bali memang sangat kuat. Suasananya yg begitu asri, pergi ke manapun Anda pasti dapat menemukan pura dgn mudah. Belum lagi aroma bunga dan dupa yg mungkin terasa aneh bagi Anda dan juga aku yg tak terbiasa, tapi justru hal itu yg selalu melekat. Pokoknya Bali selalu khas, dan selalu dirindukan.

Nah, beberapa waktu yg berikutnya, aku bersama tim Bacaterus.com mendapat kesempatan mengunjungi Bali. Meskipun bukan yg pertama kali bagi aku, tetep aja perjalanan kali ini berbeda. Budget yg kami habiskan buat perjalanan ini pun terbilang irit. Penasaran? Mari simak ulasannya berikut ini.

Pantai Pandawa


advertisements

Pantai Pandawa dapat ditempuh dgn jarak sekitar 30 menit dari bandara Ngurah Rai menggunakan mobil. Pantai ini sangat terkenal di kalangan wisatawan. Rasanya tak lengkap jika tak mengunjungi pantai ini jika Anda berlibur ke Bali.

pantai pandawa

Ciri khas pantai ini yaitu tulisan besar di tebing-tebing sisi jalan yg menjadi salah satu spot foto paling populer di kalangan wisatawan. Selain itu di tebing-tebing itu juga terdapat pahatan patung-patung dewa.

Pantai ini cocok sekali dipakai berjemur, berenang, berendam, bahkan canoe-ing. dgn fasilitas cukup lengkap seperti shower, toilet, dan tempat cuci kaki, jelas aja hal ini memudahkan wisatawan yg ingin membersihkan diri atau sekedar membilas kaki yg penuh pasir.

Uluwatu temple

uluwatu

 

Perjalanan ke Uluwatu dapat ditempuh dalam 30 menit dari pantai pandawa atau dari Kuta. Pura uluwatu terletak di pinggir tebing tinggi. Hal ini juga yg membuat pura terlihat lebih eksotis dan unik. Komplek pura sangat luas dikelilingi kebun-kebun dan taman-taman indah. Banyak juga terdapat monyet-monyet liar yg hidup di sekitar situ.

Tempat ini cocok dinikmati saat akan sunset. Jika ingin menikmati sunset sambil menonton tarian kecak, tempat ini juaranya. Pura Uluwatu mempunyai spot paling tepat buat melihat sunset.

Sedikit tips bagi Anda jika ingin mendapat tempat duduk paling bagus. sebab pertunjukan tari kecak and fire dance dimulai tepat saat matahari mulai terbenam yaitu jam 6 sore, dan banyak sekali wisatawan di sana yg ingin menonton juga, hadir lah lebih awal dan pilih tempat duduk di tribun tengah bagian atas yg menghadap laut.

Bukit Sari Pecatu Argotourism

bukit sari argotourism

Sepulang dari Pura Uluwatu, Anda dapat mampir dahulu ke kedai kopi ini. Kedai kopi di sini berbeda dgn kedai kopi lainnya sebab mereka menanam juga memproduksi sendiri kopinya. Kedai ini juga menawarkan 12 macam minuman yg dapat Anda coba, gratis. Andalan kopi di sini yaitu kopi luwak yg dapat Anda nikmati dgn harga 50 ribu/cangkir.


advertisements

Jika Anda menyukai produk-produk minuman yg sudah Anda coba, Anda dapat membelinya di store di dalam kedai. Harganya bervariasi tergantung ukuran. Kisaran 80-500 ribuan buat ukuran 100 gr – 500 gr. tak cuma minuman, store disini juga menjual produk kecantikan seperti sabun, lotion, massage oil yg diproduksi sendiri.

Warung Nasi Campur Bu Oki

bu oki

 

Warung nasi ini cukup popular di kalangan wisatawan. Pilihan hidangan yg disajikan di sini memang cuma nasi campur, tapi di dalam nasi campur itu Anda dapat menikmati berbagai pilihan masakan dari mulai ayam goreng, sate lilit ayam, tum (semacam pepes ayam), telur rebus, orak-arik tempe, sayuran, ayam bumbu bali, plus sambel matah. Pokonya lengkap!

tapi bagi Anda yg tak suka makanan pedas, aku sarankan Anda cari makanan lain aja, sebab hidangan nasi campur ini hampir 80% pedas semua. tapi nasi campur ini sayang sekali jika dilewatkan. menjadi tak ada salahnya jika Anda mencoba hidangan ini.

Tari Barong

barong

Di hari berikutnya kami memutuskan buat menonton tarian barong. Lokasinya tak jauh dari hotel tempat kami menginap di Legian. Dari Legian dapat ditempuh sekitar 10-15 menit. Pertunjukan Barong ini dapat Anda nikmati dari jam 09.10 pagi hingga pukul 10.10. menjadi jika Anda ingin berkunjung kesini, pastikan Anda bangun pagi ya.

Di pertunjukan tari barong ini, Anda tak cuma akan disuguhkan dgn pertunjukan tarian yg eksotis dan menarik dgn alunan gamelan khas Bali, tapi Anda juga dapat sekaligus menikmati pemandangan hamparan sawah di sekitar tempat pertunjukan. Jangan lupa buat berfoto dgn Barong sesudah pertunjukan ya!

Pusat Kesenian Ubud

kerajinan batik

Di sepanjang jalanan di Ubud ini banyak sekali komplek-komplek rumah yg menjual berbagai hasil kesenian. Setiap komplek mempunyai hasil kesenian yg berbeda. Ada kerajinan batik yg dapat Anda coba sendiri, tenun, kerajinan pahatan batu, pahatan kayu, lukis, dan juga pengrajin silver.

buat menikmati tour pengrajin di Ubud ini Anda tak akan dikenakan biaya kecuali jika Anda ingin membeli hasil kerajinannya.

Pantai Geger, Nusa Dua

pantai geger

Bali memang surganya pantai. Banyak sekali pantai-pantai indah di Bali. Salah satunya pantai geger ini. Sekitar 45 menit dari Kuta, pantai ini juga masuk di kawasan Nusa Dua. Pantai Geger ini juga berada di salah satu kawasan hotel mewah yaitu The Mulia Hotel.

menjadi meskipun Anda tak menginap disana, Anda masih dapat melihat melihat kemegahan hotel yg sering menjadi tempat berlibur artis-artis mancanegara.

Pantai Geger ini cocok sekali bagi Anda yg ingin berenang atau sekedar menikmati birunya laut. Sayangnya, tak banyak fasilitas yg ditawarkan disini. Kamar mandi atau toilet pun cukup susah ditemukan. Tempat duduk yg disediakan tak banyak menjadi Anda sebaiknya membawa tikar atau alas duduk sendiri.

Nusa Dua Resort

nusa dua

 

Kawasan Nusa Dua resort ini terdiri dari beberapa hotel mewah dgn taraf Internasional seperti Hotel Mulia, The Ritz Carlton, Nusa Dua Beach Hotel and Spa, dan masih banyak lagi lainnya. Jika cuma ingin berjalan-jalan di sekitar resort, Anda cuma perlu membayar tiket parkir aja.

Di dalam nusa dua resort ini terdapat pantai-pantai indah yg airnya sangat jernih, kebun-kebun dan taman ditata dgn sangat rapi. Cobalah Explore tempat-tempat disini, Anda akan menemukan banyak keindahan yg tersembunyi.

Selain itu, jangan lupa juga buat mengunjungi waterblow. Objek wisata dimana Anda dapat merasakan air laut yg menabrak tepian tebing yg menghasilkan deburan kencang hingga menyipratkan air yg sangat besar. Sayangnya waktu aku dan tim kesana, air laut sedang tenang. menjadi kami tak dapat melihat fenomena water blow tsb.

Air terjun Tegenungan, Gianyar

air terjun tegenungan

Jika berangkat dari Kuta, tempat ini memang cukup jauh yakni sekitar 1 jam. tapi keindahan yg ditawarkan sangat worth it buat dinikmati. Air terjun Tegenungan sangat tepat buat relaksasi. Berendam maupun berenang dapat dilakukan disini.

Sebelum menuju air terjun, Anda harus menuruni tebing yg cukup tinggi. tapi tak perlu cemas, meski berada di antara tebing, jalanan menuju air terjun sudah rapi dan diberi anak tangga juga dilengkapi pegangan.

Pura Tirta Empul

pura tirta empul

 

Kawasan pura sekaligus tempat mandi ini sangat populer di antara wisatawan. Tempat ini banyak dijadikan rekomendasi buat wisatawan luar. Kompleks pura terasa sangat asri sebab dikelilingi pohon-pohon rindang. Selain itu, tempat ini juga bersebelahan dgn istana kepresidenan RI yg digunakan sebagai tempat peristirahatan presiden Soekarno saat singgah di Bali.

Hal menarik lainnya dari tempat mandi ini yaitu, mata air yg dihasilkan di sini dipercaya sangat suci sehingga sering digunakan buat oleh pemeluk agama Hindu di sana buat mandi dan menyucikan diri.

Itulah objek-objek wisata yg dapat Anda kunjungi dalam 4 hari 3 malam di Bali. Tempat-tempat tsb ada yg berada di satu kawasan menjadi Anda dapat memaksimalkan liburan singkat Anda. Anda punya tempat wisata lain yg dapat dikunjungi sekaligus? Silakan tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

Artikel Menarik Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *