Macam-macam Manfaat dan cara Membuat Minyak Kemiri

cara membuat minyak kemiri – Kemiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yg paling banyak dimanfaatkan bagian bijinya buat berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Mulai dari obat-obatan tradisional, bumbu masak hingga digunakan sebagai bahan dasar buat membuat minyak, yaitu minyak kemiri.

cara membuat minyak kemiri pun juga cukup mudah, sebab tak perlu alat ataupun cara khusus buat membuatnya.

tapi, sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai cara membuat minyak kemiri. Terlebih dahulu kita kenalan dahulu dgn jenis tumbuhan herbal yg satu ini.

Di Indonesia, kemiri dikenal dgn berbagai macam nama, jika di daerah Sunda, tumbuhan ini dikenal dgn nama derekan. padahal di Jawa dikenal dgn nama Pidekan, Kembiri di Batak dan masih banyak lagi sebutan lainnya yg dapat anda tambahkan di kolom komentar.

Sebelum kita mulai membahas lebih jauh lagi cara membuat minyak kemiri, mari kita simak juga beberapa manfaat minyak kemiri yg dapat anda nikmati. Biar nantinya semakin semangat buat mempraktekkannya.

Manfaat minyak kemiri

manfaat minyak kemiri
minyak-kemiri.com

Minyak kemiri mempunyai berbagai macam manfaat yg sangat bagus, khususnya buat perawatan rambut. Saking hebatnya manfaat minyak kemiri ini, membuatnya tak jauh beda dgn kosmetik atau obat perawatan rambut mahal dan bermerk yg beredar di pasaran.

Daripada penasaran terus, berikut beberapa manfaat minyak kemiri yg dapat anda dapatkan.

1. Menghitamkan rambut

manfaat minyak kemiri
penting.id

Manfaat utama yg akan segera anda dapatkan saat menggunakan minyak kemiri yaitu membuat rambut semakin hitam berkilau dan sehat. buat dapat memperoleh manfaat ini pun anda tak perlu khawatir dgn jenis rambut anda, bagus itu ikal, lurus, atau keriting sekalipun akan tetep memperoleh manfaatnya.

2. Mencegah kerontokan

manfaat minyak kemiri buat rambut rontok
obatrambutrontok.org

Jika anda punya permasalahan dgn kerontokan rambut atau mudah putus, maka minyak kemiri yaitu pilihan tepat buat mengatasinya.

sebab, kandungan protein dan juga mineral tinggi yg ada pada minyak kemiri mampu memperkuat akar rambut. Sehingga anda tak perlu khawatir lagi dgn yg namanya rambut rontok, apalagi yg berlebihan.

3. Mempercepat pertumbuhan rambut

manfaat minyak kemiri
caranesia.com

permasalahan rambut rontok terkadang juga membuat rambut tampak tipis dan bahkan dapat menimbulkan kebotakan di beberapa bagian kepala. Tentunya ngga mau kan, punya kepala botak?

Nah, minyak kemiri ini yaitu solusinya. Selain dapat mengatasi rambut rontok, ternyata minyak kemiri juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut, yg nantinya akan menggantikan dan menutupi area kepala yg mengalami kebotakan.

4. Membuat rambut semakin tebal

manfaat minyak kemiri
modelrambut.me

sesudah permasalahan rambut rontok dan area kepala yg botak dapat teratasi. Maka, hal selanjutnya yg dapat anda dapatkan dari manfaat minyak kemiri yaitu membuat rambut semakin tebal, kuat dan tak mudah rontok lagi.

5. Mencegah uban

manfaat minyak kemiri
duniainformasikesehatan.com

Munculnya uban merupakan hal yg terbiasa dan wajar buat anda yg sudah berumur lanjut. tapi, jika hal tsb terjadi di usia yg masih muda jelas akan sangat mengganggu dan merusak penampilan.

Jika anda merupakan salah satu orang yg mengalami hal tsb, maka minyak kemiri yaitu pilihan terbaik buat mengatasi permasalahan tsb. sebab manfaat minyak kemiri juga dapat membuat rambut menjadi hitam berkilau seperti manfaat yg pertama tadi, serta mencegahnya hadir kembali.

Nah, bagaimana, keren kan minyak kemiri? Sekarang mari kita belajar bagaimanac cara membuat minyak kemiri. Yuk, cekidot!

cara membuat minyak kemiri

sesudah kita sama-sama tahu mengenai manfaat minyak kemiri, mungkin sekarang anda akan lebih bersemangat lagi buat membuatnya di rumah. Baiklah, sebenarnya membuat minyak kemiri itu tidaklah susah dan dapat dilakukan dengan cara konvensional / tradisional.

Selain itu, bahan-bahan yg perlu anda persiapkan pun sangat gampang di dapat di warung-warung terdekat. Selengkapnya begini cara membuat minyak kemiri.

Bahan-bahan

  • 250 gram biji kemiri atau sesuaikan aja dgn kebutuhan (Lebih boleh, kurang juga boleh)
  • Air putih

Proses produksi minyak kemiri

Haluskan biji kemiri

Pertama-tama, cucilah terlebih dahulu biji kemiri yg sudah anda persiapkan, berikutnya haluskan biji kemiri tsb (tapi, jangan terlalu halus juga). buat menghaluskannya ada dua cara yg dapat anda gunakan, yaitu tumbuk dengan cara langsung atau dapat anda gunakan mesin blender (andai ada)

Jika anda menumbuknya dengan cara langsung, maka tumbuklah sehalus mungkin supaya mudah buat disaring dan diambil ekstraknya.

padahal, jika anda menghaluskannya dgn menggunakan blender, tambahkanlah air secukupnya. Ingat, jangan memblendernya hingga halus (Seperti jus) cukup blender hingga bertekstur kasar aja.

Saring santannya

sesudah anda haluskan biji kemirinya, saat ini saatnya anda mulai menyaringnya. Caranya sangat mudah, cukup anda campurkan air secukupnya, berikutnya peras hingga keluar santannya. Proses ini sama halnya dgn memeras santan kelapa.

Jika anda memblender atau menumbuknya terlalu halus, maka anda harus menggunakan kain buat memerasnya. sesudah diperas, saring lagi santan tsb supaya tak tercampur dgn santan yg sudah dididihkan pada proses selanjutnya.

Didihkan hingga menjadi minyak

sesudah mendapat santan kemiri yg bersih, langkah selanjutnya yg harus anda kerjakan yaitu memasaknya. Masukkanlah santan kemiri ke dalam wajan berikutnya masak hingga mendidih.

Selama proses memasak, aduk-aduk terus supaya penguapannya berjalan dgn sempurna.

Proses penguapan ini akan berlangsung cukup lama, sehingga dibutuhkan kesabaran ekstra buat menunggunya hingga benar-benar matang.

Terus aduk santan kemiri hingga airnya menguap dan cuma menyisakan minyak. Minyak ini dapat anda kenali dgn kerak yg berwarna kecoklatan.

Peras dan masukkan ke dalam botol

sesudah minyaknya menjadi, berikutnya dinginkan terlebih dahulu. sesudah itu, ambil kerak yg ada di wajan dan peras buat mengekstrak minyaknya menggunakan kain hingga kering.

berikutnya, masukkan minyak kemiri hasil perasan tadi ke dalam botol, selain buat menjaga supaya tetep murni, penggunaan botol juga akan memudahkan dalam pemakaian minyaknya nanti.

Jika masih bingung, anda dapat nonton vidio cara membuat minyak kemiri dari mbak-mbak cantik berikut ini.

Bagaimana? Sudahkah anda mencobanya di rumah?

Jika belum, ada cara lain juga yg dapat anda praktikkan buat membuat minyak kemiri. Nah, dgn begitu anda dapat membandingkan mana yg memungkinkan buat anda coba dan mudah menurutmu.

cara membuat minyak kemiri ala Hawai

Selain dgn cara yg sudah kita bahas di atas, anda juga dapat membuat minyak kemiri dgn cara lainnya. cara ini biasanya yg digunakan oleh masyarakat Hawai buat membuat minyak kemiri, ada yg mengungkapkan cara ini lebih praktis dari cara di atas.

buat kebenarannya mari kita simak langkah-langkah membuat minyak kemiri ala Hawai berikut ini. Bahannya masih sama, yaitu biji kemiri. Jangan biji yg lain.

  • Sangrai atau panggang biji kemiri dgn menggunakan oven atau sejenisnya hingga matang, berikutnya dinginkan
  • sesudah dingin, blender atau tumbuk biji kemiri yg sudah matang tadi hingga halus seperti di cara yg sudah kita bahas di atas
  • berikutnya, campur dgn air sekucupnya. berikutnya peras menggunakan kain hingga keluar ekstrak minyaknya
  • Jika sudah, saring lagi hasil perasan supaya bersih, sesudah itu masukkan ke dalam botol

Bagaimana, mudah bukan? sesudah minyak kemiri yg anda buat tadi di masukkan ke dalam botol, simpanlah di tempat dgn suhu rendah atau sejuk, supaya minyak dapat tahan lama.

Tahu manfaatnya sudah, tahu cara membuatnya juga sudah. saat ini saatnya kita membahas bagaimana cara menggunakan minyak kemiri. Masa iya, dapat bikin tapi ngga dapat pakai.

cara menggunakan minyak kemiri

Jika sudah selesai membuat minyak kemiri, saat ini saatnya anda menggunakannya dan rasakan manfaatnya. buat memperoleh manfaat minyak kemiri dengan cara maksimal, anda harus menerapkan 3 cara ini.

  • Gunakan minyak kemiri setiap pagi hari sebagai minyak rambut
  • Gunakan sebagai masker rambut satu jam sebelum keramas. berikutnya pijat kulit kepala, supaya minyaknya dapat meresap dgn bagus
  • Gunakan pada malah hari sebelum tidur, berikutnya bersihkan dgn keramas di pagi hari

Jika sudah menggunakan minyak kemiri dengan cara rutin. Coba anda rasakan perbedaannya, pasti rambut anda akan semakin indah dan sehat setiap harinya.

Selain menyehatkan rambut, minyak kemiri juga menyehatkan kantong. Bagaimana tak, harganya yg murah dgn manfaat yg setara dgn perawatan salon yg mahal jelas akan sangat membantu kesehatan dompet.

Jikalau anda tak sempat membuatnya sendiri, anda juga dapat membeli minyak kemiri yg sudah menjadi, dan jelas aja harganya juga terjangkau.

Incoming search terms:

Macam-macam Manfaat dan cara Membuat Minyak Kemiri | sentot | 4.5