Inilah Manfaat Cokelat dari Masa ke Masa

Posted on

Manfaat Cokelat dari Masa ke Masa

BEGITU byk manfaat cokelat. Selain kaya antioksidan, cokelat dipercaya bisa meredakan beberapa tanda-tanda penyakit. Senyawa flavonoid yg terkandung dalam biji cokelatlah yg berperan membuat cokelat memiliki banyak khasiat.

Manfaat cokelat telah digunakan manusia semenjak dulu, bahkan sebelum adanya penelitian berdasarkan para ahali. Berikut manfaat cokelat yang digunakan secara tradisional disarikan menurut berbagai asal.

500 SM

Cokelat dianggap telah digunakan semenjak ribuan tahun sebelum masehi. “Cocoa” dari menurut bahasa Olmec “kakawa” yg berarti “Makanan Tuhan”. Suku Olmec sendiri hidup di Amerika Tengah sekitar tahun 1500 hingga 500SM. Suku maya kuno pun seakan menyetujuinya.

Para peneliti menemukan senyawa kimia cokelat tertinggal pada bejana-bejanan keramik suku Maya yang dipakai dalam tahun 600 SM. Cokelat pada masa itu dikonsumsi menjadi minuman dalam jumlah besar dan baru populer beberapa abad lalu. Saat itu, bangsa Eropa menemukan cokelat tidak hanya dikonsumsi sang para ilahi dan raja saja, seluruh orang di suku Maya pun meminum cokelat.

1500

Abad 16 awal cokelat dikenal sebagai minuman energi. Hal ini bermula semenjak Kaisar Montezuma II menyatakan cokelat sebagai minuman penambah kekuatan.

“Minuman dari Tuhan, yg dapat menciptakan daya tahan tubuh dan melawan kelelahan. Secangkir minuman istimewa (cokelat) dapat menciptakan seorang berjalan seharian penuh tanpa makanan,” Kata kaisar yang memimpin suku Aztek sejak 1502 hingga 1520.

1577

Tahun 1577 adalah tahun emas bagi cokelat di Amerika dan Eropa. Cokelat dianggap menjadi obat aneka macam macam penyakit, misalnya demam, batuk, serta masalah perut dan hati. Pada tahun ini juga penjelajah Spanyol Francisco Hernandez menulis bagaimana orang Meksiko menggunakan cokelat menjadi obat disentri.

1719

De Quelus menuliskan pengalamannya tinggal di Amerika selama 15 tahun pada sebuah buku berjudul “The Natural History of Chocolate”. Pria berkebangsaan Perancis ini menyimpulkan bahwa nutrisi pada satu ons cokelat sama dengan satu pon daging sapi.

Ia mengisahkan seorang wanita yg nir mampu mengunyah karena cidera rahang & hayati menggunakan mengonsumsi cokelat yang dilarutkan dengan air panas ditambah gula dan kayu anggun. De Quelus mengungkapkan perempuan itu lebih lincah & bertenaga dibandingkan sebelum kecelakaan.

1864

Pada masa ini cokelat dipakai menjadi keliru satu bahan salep yang diberikan pada pasien sifilis. Cokelat juga dipakai sebagai pencegahan infeksi dampak cacing parasit.

Sejumlah penelitian memang menunjukan cokelat mempunyai berbagai senyawa kimia yang bagus buat tubuh. Namun, ada baiknya Anda pun berhati-hati memilih cokelat yg akan dikonsumsi.

Ahli Jantung St. Vincent Mercy Medical Center Dr. Owais Khawaja berkata mayoritas cokelat komersil sudah kehilangan kandungan baik lantaran proses pembuatan eksklusif. Belum lagi penambahan gula & susu yg mungkin berpengaruh terhadap kandungan kimia alami cokelat. (Bella Dani)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *