Inilah 5 Jenis Hamster yg dapat anda Pelihara di Rumah


advertisements


Apakah anda sedang mencari hewan peliharaan yg tepat buat dipelihara? Nah, di sini penulis akan merekomendasikan anda buat memelihara hewan peliharaan hamster. Hamster yaitu hewan mamalia yg berukuran kecil dgn bentuk tubuh yg gemuk serta lucu dan menggemaskan ini mudah buat kita pelihara.

Hamster atau dapat disebut juga hewan pengerat ini sangat ramah dgn manusia.Hewan hamster ini banyak ditemukan dgn berbagai corak warna-warna yg menarik, ada yg berwarna putih, hitam, abu-abu, coklat dan lain-lain. dgn beragam warna yg menarik tentunya hamster pun mempunyai beragam jenis yg lucu.

tapi tak semua jenis hamster cocok buat dipelihara di rumah. Lantas, jenis-jenis hamster apa aja yg dapat kita pelihara? Berikut yaitu jenis-jenis hamster yg dapat anda pelihara di rumah.

5 Jenis Hamster yg dapat anda Pelihara di Rumah

1. Hamster Syrian

Hamster Syrian

Pertama, jenis hamster yg sering dijadikan hewan peliharaan yaitu hamster syrian. Mengapa hewan hamster ini bernama syrian? sebab hamster syrian atau dapat di sebut juga hamster suriah ini di temukan oleh professor Aharoni dan hamster Syrian ini berasal dari timur tengah terutama Israel dan Suriah. Itulah sejarah pemberian nama Syrian pada hamster ini.

Hamster syrian ini mempunyai warna yg beragam, terlihat pada gambar tsb hamster Syrian itu memiiki warna-warni corak seperti warna coklat, warna kuning emas dan warna hitam yg begitu indah. Apabila kalian susah membedakan jenis betina dan jantan ini caranya yaitu dgn melihat bentuk tubuh, hamster syrian betina mempunyai bentuk tubuh yg besar daripada hamster syrian jantan.

2. Hamster Winter White

Hamster Winter White

Selanjutnya, hewan peliharaan yg mudah ditemukan di toko hewan yaitu hamster winter white. Hamster winter white ini berasal dari Siberia. Ciri-ciri dari hamster winter white yaitu mereka sangat sensitif dan takut terhadap manusia sehingga alangkah baiknya hamster ini di simpan di ruangan yg sunyi jauh dari keramaian.

Winter white pada umumnya dapat bertahan hidup sekitar 1 hingga 2 tahun, usia hidup tsb sangat singkat di bandingkan dgn hamster lainnya. Hamster winter white mempunyai berbagai warna yg sangat lucu di antaranya yaitu berwarna putih, warna coklat, warna abu-abu, warna hitam dan lain-lain.

Hamster mini ini biasanya dapat berubah warna bulu pada setiap musim. Perubahan warna yg terjadi pada hamster winter white ini sebab dipengaruhi oleh hormon dan genetik. Pada musim dingin, perubahan warna yg terjadi yaitu ditandai dgn adanya warna abu-abu di sekitar kepala. Sementara pada musim panas, warna abu-abu berubah menjadi warna coklat.

3. Hamster Campbell

Hamster Campbell

Pada bulan juli tahun 1902 hamster Campbell ini di temukan oleh W.C. Campbell di daerah Tuva, Mongolia. Hewan satu ini sering di sebut juga djungarian, alasannya sebab pada umumnya campbell ini tempat aslinya yaitu di Mongolia yg di kenal sebagai daerah Djungarian. Selain di Mongolia, hewan ini terdapat di daerah Asia Tengah dan Tiongkok.

Hewan ini sering banyak di cari buat dijadikan hewan peliharaan sebab hewan ini sangat mudah di temukan dan harga yg cukup terjangkau.

tapi, hewan ini tak bersahabat jika dipelihara oleh anak-anak. Mengapa? sebab hamster Campbell ini mempunyai sifat yg aktif, agresif, suka menggigit. Gigitan hewan ini akan terasa sakit menjadi tetep harus berhati-hati buat peliharaan satu ini. tapi, apabila campbell sudah mengetahui pemiliknya dgn jelas akan bersifat hangat, jinak dan ramah.

4. Hamster Chinese

Hamster Chinese

Hamster chinese ini banyak dijadikan hewan peliharaan di Negara Inggris dan Amerika. Hamster ini berasal dari Negara Cina daerah Tiongkok Utara dan Mongolia. Salah satu ciri dari hamster Chinese ini dapat bertahan hidup usia dua tahun hingga usia tiga tahun rata-rata buat bertahan hidup.

Hamster ini mempunyai warna abu-abu atau warna coklat dan hitam. Postur badan hewan hamster chinese ini mempunyai bentuk yg kecil dan lucu.

Pada awalnya hewan ini akan agresif saat di dekati oleh manusia tapi seterusnya akan bertingkah bagus dan  jinak. Hewan ini pun terkenal dgn sifat pemalu dan mempunyai sikap yg tenang. Ciri lainnya yaitu hamster chinese yg berupa jenis kelamin jantan akan terlihat badannya lebih besar dibandingkan dgn jenis kelamin betina.

5. Hamster Roborovski

Hamster Roborovski

Kebanyakan orang ingin memelihara jenis hamster yg satu ini, jenis apakah itu? Hewan pengerat ini berjenis hamster roborovski, sebab bentuknya yg paling kecil dan bergerak lebih cepat di antara semua jenis hewan hamster, sehingga hamster jenis ini banyak di sukai orang buat dijadikan hewan peliharaan. Hewan ini berasal dari daerah Mongolia dan Cina Utara.

Hamster roborovski ini mempunyai daya tarik tersendiri buat di pelihara. Pertama, warna yg lucu menjadi salah satu daya tarik orang buat memelihara hamster ini, warna-warnanya pun beragam seperti, warna coklat, warna putih, warna abu-abu, warna hitam dan lain-lain.

Kedua, jenis hamster roborovski ini sangat aktif dan lincah buat bermain-main. tapi hamster ini agak sedikit susah buat di tangkap sebab gerakannya yg sangat lincah saat bermain-main. Selain itu, hamster ini juga agak sensitif terhadap suhu, apalagi pada suhu panas.

Hamster roborovski dapat bertahan hidup sekitar dua hingga tiga tahun, itu tergantung dgn perawatan yg diberikan terhadap roborovsski.

Itulah tadi jenis-jenis hamster yg kecil, lucu juga menggemaskan buat dapat anda pelihara. Tentunya anda sekarang sudah tak bingung lagi kan buat mencari jenis hamster yg dapat di pelihara. Dan anda harus selalu ingat buat memelihara kebersihan dan makanan buat hamster-hamster ini supaya selalu sehat dan hidup dalam jangka waktu yg lama.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Referensi dan sumber gambar:

Incoming search terms:

Inilah 5 Jenis Hamster yg dapat anda Pelihara di Rumah | sentot | 4.5