cara Bikin Tenda Kurang dari 20 Menit buat anda yg Masih Pemula

Saat ini, kegiatan camping (Kemah) atau mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yg paling digemari oleh anak-anak muda buat mengisi waktu liburan mereka (Tak jarang juga yg menjadi hobi).

Kegiatan kemah semacam ini biasanya sering dilakukan di hutan ataupun di tengah perjalanan pendakian. Buat anda yg baru, jelas harus tahu beberapa hal dan persiapan yg matang dahulu saat akan menjalankan kemah.

Mulai dari persiapan bekal hingga perlengkapan seperti tenda, baju hangat, peralatan masak dan lain sebagainya. Dari sekian banyak persiapan yg harus anda kerjakan. Ada satu hal paling penting yg tak boleh anda lupakan.

Yaitu cara bikin tenda atau cara membuat tenda. Meskipun kelihatannya sepele, tapi butuh pengetahuan dan keahlian buat mendirikannya. Nah, di artikel kali ini akan kita bahas bagaimana cara bikin tenda, supaya tenda anda tak asal-asalan dan terasa nyaman.

Langkah pertama cara bikin tenda

cara bikin tenda
cara membuat tenda / bikin tenda

Carilah tempat yg permukaan tanahnya rata dan ukurannya juga sesuai dgn ukuran tenda yg akan anda dirikan. berikutnya, letakkan tenda tepat di atas tanah yg sudah anda tentukan tadi dgn posisi bagian belakang ada di atas.

sesudah itu, pasang semua tiang di depan, belakang, samping dan bagian pintu tenda. berikutnya tancapkan dua buah penanda (dapat anda gunakan kayu atau benda keras lainnya) tepat di bagian tengah tenda berikutnya lipat tendanya.

Langkah ke dua cara bikin tenda

cara bikin tenda / membuat tenda
teknik mendirikan tenda

Jika anda bersama banyak teman, jelas akan semakin mudah dan cepat dalam mendirikan tenda. Katakanlah anda bawa empat orang kawan, berikutnya suruhlah mereka menjalankan tugasnya masing-masing (Seperti gambar ilustrasi di atas).

Orang A dan B tugasnya cukup mudah, yaitu mendirikan dan mengangkat tiang tenda. padahal dua orang lainnya (C dan D) menarik setiap tali yg sudah dipersiapkan.

Langkah ke tiga cara bikin tenda

cara bikin tenda / membuat tenda
teknik mengikat tali tenda

Jika langkah ke dua (A dan B) sudah selesai dilakukan. Dua orang lainnya yaitu C dan D segeralah buat menarik tali berikutnya mengikatnya di setiap pasak / patok yg sudah disiapkan di awal tadi.

Dalam mengikat tali tenda pun ada baikanya mengikat tali tenda sudut kiri dan kanan terlebih dahulu. berikutnya lanjut dgn tali tenda yg ada di bagian pintu tenda, bagian depan dan belakan tenda.

Tarik tali dgn sekuat mungkin berikutnya ikat dgn kuat menggunakan simpul ganda.

Langkah ke empat cara bikin tenda

cara bikin tenda / membuat tenda
Tips mendirikan tenda

Langkah bikin tenda yg ke empat yaitu mengikat setiap tali yg ada di dinding-dinding tenda pada setiap kayu (Pasak / patok) yg sudah anda buat atau persiapkan. Tariklah tali sekuat-kuatnya supaya tenda dapat berdiri kokoh.

Jangan lupa juga ikat dgn rapi supaya tenda enak dilihat dan tak semrawut atau berantakan.

yg perlu anda perhatikan dgn bagus:

cara bikin tenda
teknik mendirikan tenda

Kontur tanah di Indonesia ini ada berbagai macam, buat kontur yg normal cara bikin tenda di atas tergolong efektif dan cukup mudah buat dilakukan.

tapi beda lagi ceritanya jika tanah yg akan anda gunakan buat mendirikan tenda konturnya berbatu, berpasir atau bahkan bergambut jelas membutuhkan tenaga ekstra dan pengetahuan lebih buat menancapkan patok atau pasak.

tapi anda ngga perlu kawatir, di artikal ini akan kita bahas mengenai solusi buat mengatasinya, makanya jangan hingga anda lewatkan buat membacanya hingga akhir.

Jika anda dapati kontur tanah yg susah seperti yg sudah kita singggung di atas tadi, anda dapat manfaatkan akar atau pohon.

tapi, perlu anda pastikan dahulu kondisi pohonnya, jangan hingga anda pilih pohon atau ranting yg sudah rapuh dan justru dapat membahayakan.

Ingat, pastikan bahwa pohon yg anda pilih benar-benar kuat, bahkan andai ada angin kencang pun tak perlu kawatir. Teknik semacam ini, mungkin gampang buat anda yg sudah terbiasa dgn kegiatan semacam ini.

tapi, buat anda yg masih pemula jelas butuh usaha ekstra dan perlu membaca artikel ini hingga selesai buat memahami setiap detil pohon dan tanah yg dapat bikin tenda berdiri dgn sempurna tanpa kawatir akan bahaya.

Perhatikan bagus-bagus gambar ilustrasi di atas. Pada gambar di atas dapat anda lihat bagaimana teknik mengikat yg bagus dan benar jika kontur tanahnya berbatu dgn tanah keras.

Tali tendanya dapat anda ikatkan pada tongkat berikutnya penguatnya ditindih batu dan harus seimbang dgn besarnya tenda (andai tak, maka tenda akan rubuh).

Sama halnya jika kontur tanahnya bergambut ataupun berpasir, cara tsb juga dapat anda manfaatkan. anda dapat mengombinasikannya sekreatif mungkin jika gambar di atas sedikit ada perbedaan dgn medan yg anda hadapi, tapi pada intinya sama seperti itu.

menjadi, kurang lebih seperti itu mengenai cara bikin tenda atau mendirikan tenda yg dapat anda praktikan saat akan menjalankan kemah nanti. Atau sebagai anak Pramuka yg baru belajar bikin tenda atau mendirikan tenda, dapat anda gunakan teknik ini sebagai referensi.

Tambahan, tips dan cara mencari tempat yg bagus buat mendirikan tenda di tengah hutan belantara.

1. semampu mungkin hindari pohon besar

Jika anda ingin bikin tenda atau mendirikan tenda dekat pohon besar, ada baiknya anda perhatikan dahulu kondisi pohon tsb. Pastikan pohonnya kokoh dan tak rapuh.

sebab, jika ada angin kencang bertiup kencang dapat membahayakan andai anda berada di sekitarnya. Ada baiknya anda hindari pohon besar atau carilah pohon yg kondisinya masih segar dan kokoh.

2. Cari lokasi yg dekat dgn mata air

Carilah lokasi yg dekat dgn mata air. sebab hal tsb akan meringankan dan memudahkan mengangkut air buat keperluan masak, mencuci, mandi, minum dan lain sebagainya.

Selain itu, jika mendirikan tenda di dekat mata air hawanya sangat adem dan sejuk. tapi perlu anda perhatikan juga kondisi sekitar mata air.

Jikalau terjadi hujan lebat akan membahayakan atau tak, berikutnya pastikan juga area sekitar mata air tak rawan longsor jika terjadi hujan lebat.

3. Pilihlah lokasi yg luas dan berada di dataran tinggi

Supaya tenda anda berdiri dgn sempurna tanpa menjalankan teknik yg rumit. Carilah tempar yg datar dgn kontur tanah yg normal, tak terlalu keras dan tak lembek.

Jangan pilih lokasi yg bergelombang, sebab hal tsb akan memperlambat proses bikin tenda atau mendirikan tenda.

Sebaiknya pilih juga tempat dgn posisi lebih tinggi dari sekitarnya, supaya saat hujan tenda anda tak tergenang air. Jangan lupa juga buat membuat saluran air di sekitar tenda.

Mungkin beberapa penjelasan cara bikin tenda ini sudah cukup dapat membantu anda yg masih pemula. tapi ada satu hal lagi yg perlu anda ketahui jika tak mempunyai persiapan yg lengkap, ada baiknya anda ikuti tips di bawah ini.

  • Carilah tiang penopang dan penyangga dari ranting pohon yg dapat anda cari di dalam hutan. tapi gunakan juga dgn bijak, jangan hingga merusak kelestarian hutan.
  • Jika tak membawa tali yg cukup, carilah tumbuhan merambat dan sejenisnya seperti bambu atau rotan yg dapat anda manfaatkan sebagai tali.
  • Jika tak membawa tenda atau tak punya tenda yg siap pakai anda dapat gunakan terpal yg dikombinasikan dgn beberapa bahan di atas.
  • Ikat bagian ujung terpal ke pohon terdekat atau dapat juga ke pasak atau patok
  • anda juga dapat memanfaatkan kayu berbentuk Y sebagai penyanggga supaya memudahkan saat proses pengikatan.
  • Usahakan tempat istirahat dalam tenda area nya lebih tinggi dari sekitarnya
  • buat tempat tidur, anda juga dapat memanfaatkan sisa terpal, karung atau bahkan kayu yg disusun.
  • buat tempat masak dan menjemur pakaian, anda juga dapat memanfaatkan ranting pohon yg ada di sekitar. tapi ingat, tetep gunakan dgn bijak.

Kurang lebih begitu, cara bikin tenda atau mendirikan tenda yg dapat anda praktikan dan bagikan pada teman-teman yg lainnya.

Semoga cara bikin tenda yg kita sampaikan ini mudah dipahami dan dipraktikan oleh siapapun yg membaca artikel. Silahkan bagikan jika menurut anda artikel ini sangat membantu.

Sebagai bahan refernsi, anda juga dapat simak vidio di bawah ini.

Incoming search terms:

cara Bikin Tenda Kurang dari 20 Menit buat anda yg Masih Pemula | sentot | 4.5