6 Tips supaya Anda Selalu Fokus Dan Konsentrasi Setiap Saat

Posted on

Saat ini banyak orang yg mengeluh sebab merasa kesulitan menjaga konsentrasi dan fokus pada saat sedang beraktivitas. mempunyai tingkat konsentrasi tinggi dan fokus yg bagus yaitu sesuatu yg diidam-idamkan oleh orang banyak. sebab, memang, tak mudah buat selalu fokus dan mempunyai konsentrasi yg tinggi.

tak cuma merupakan permasalahan para pekerja, tak jarang para pelajar sekolah ataupun kuliah sering kehilangan fokus dan konsentrasi mereka, terutama pada saat sedang proses belajar-mengajar. tapi, Anda tak perlu khawatir akan kehilangan fokus dan konsentrasi. sebab ada beberapa cara jitu yg mampu meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda, lho.


Anda dapat melakukannya dengan cara rutin supaya fokus dan konsentrasi Anda tetep terjaga dgn stabil. Yuk, mari kita intip 6 tips jitu buat menjaga fokus dan konsentrasi ala Bacaterus berikut ini:

Ubah Kopi Menjadi Olahraga Ringan

Ubah Kopi Menjadi Olahraga Ringan

Jika Anda seseorang yg sangat gemar meminum kopi, maka Anda harus segera menguranginya. Ya, tips pertama buat meningkatkan fokus dan konsentrasi yaitu dgn mengurangi konsumsi kopi. Misalnya, jika setiap pagi Anda selalu meminum kopi, gantilah dgn berolahraga barang 15 menit aja.

Kopi akan membuat Anda ketergantungan. Jika Anda sudah ketergantungan, akibatnya Anda tak dapat lepas dari kopi, dan itu cukup berbahaya. Anda cuma perlu mengurangi konsumsi kopi dan mengubahnya menjadi aktivitas olahraga ringan seperti jogging.

Menurut penelitian University of Illinois, aktivitas olahraga seperti jogging selama 15-30 menit setiap harinya dapat meningkatkan dan mengaktifkan fungsi otak. dgn begitu, tingkat fokus dan konsentrasi Anda juga akan meningkat.

Stop Multitasking

Stop Multitasking

Jika Anda seseorang yg hobi multitaskingmenegerjakan pekerjaan yg banyak sekaligus dalam satu waktu—maka Anda harus berhenti buat melakukannya. Cobalah buat menyelesaikan dan fokus pada satu pekerjaan, baru mengerjakan pekerjaan lainnya.

Jika Anda menjalankan multitasking, Anda akan diituntut dan terbiasa dgn membagi-bagi konsentrasi. dgn membiasakan diri dgn mengerjakan satu pekerjaan hingga selesai, akan membiasakan diri Anda akan selalu tetep fokus dan konsentrasi. Anda akan lebih mudah berkonstrasi dan hasil dari pekerjaan Anda akan lebih optimal.

Istirahat Setiap Satu Jam Sekali

Istirahat Setiap Satu Jam Sekali

Otak Anda bukanlah mesin yg dapat selalu bekerja dan dipaksa buat berpikir setiap saat. Bahkan sebuah mesin pun saat terlalu diforsir akan cepat rusak. Ingatlah bahwa Anda harus mengistirahatkan sejenak otak Anda. Saat bekerja, cobalah me-refresh kembali otak Anda setiap 60 menit dgn beristirahat.

Istirahat yg dimaksud bukannlah istirahat yg lama hingga berjam-jam seperti pada saat makan siang. Anda cukup mengistirahatkan otak Anda setidaknya selama 3-5 menit aja. Istirahat ini tujuannya buat menyegarkan otak Anda.


Selama 3-5 menit beristirahat, Anda dapat berhenti sejenak dari pekerjaan Anda, mungkin buat minum air putih atau sekedar menghela nafas dan merenggangkan otot-otot tubuh Anda. Hal ini akan menjaga vitalitas otak Anda. Daya konsentrasi dan fokus Anda akan terjaga selama bekerja.

Minum Air Putih Sebanyak Mungkin

Minum Air Putih Sebanyak Mungkin

Air putih sangat bagus buat tubuh kita. Selain menghilangkan rasa haus dan dahaga, air putih juga mampu meningkatkan kualitas konsentrasi dan fokus supaya tetep terjaga. Pada umumnya, jumlah ideal  mengonsumsi air putih yaitu 2 liter perhari.


Jika Anda yaitu seseorang yg merasa meminum atau mengkonsumsi air putih kurang dari 2 liter perhari, mungkin konsentrasi dan fokus Anda sedikit terganggu. Menurut Harris Lieberman, Ph.D, rasa haus bukanlah sebuah ukuran yg tepat buat menentukan kapan seseorang harus minum.

Ia juga mengucapkan bahwa saat Anda merasa konsentrasi terganggu dan mempunyai kesulitan buat fokus, hal itu merupakan isyarat dari tubuh Anda supaya Anda segera meminum air putih supaya fokus dan konsentrasi Anda tetep terjaga. menjadi, jangan malas minum air putih lagi, ya!

Perbaiki Pola Tidur

Perbaiki Pola Tidur

Apakah Anda seseorang yg selalu begadang? Jika jawabannya ya, maka Anda harus mengubah pola tidur Anda dari sekarang. tapi, jangan salah, sebab hal ini juga berlaku bagi seseorang yg terlalu banyak tidur. Kekurangan waktu tidur dan terlalu banyak tidur dapat menyebabkan daya fokus, konsentrasi, serta daya ingat Anda menurun.

Sebuah majalan LA Times yg ditulis oleh The Associated Press memperoleh fakta bahwa kurang tidur dapat menurunkan konsentrasi dan memori. Mereka juga sudah menjalankan penelitian pada tahun 1990 yg bekerja sama dgn Badan Keselamatan Transportasi Nasional dan memperoleh hasil 31% kecelakaan disebabkan oleh kelelahan pengemudi yg kurang tidur.

menjadi, mulai sekarang Anda harus memperbaiki jadwal tidur Anda. buat ukuran orang dewasa, waktu ideal buat tidur yaitu selama 8 jam. Usahakan Anda tak mengurangi atau melebihkan waktu tidur Anda 8 jam supaya Anda selalu dapat fokus dan konsentrasi demi  performa Anda sendiri.

Meditasi

Meditasi

Meditasi yaitu salah satu hal ringan yg dapat meningkatkan daya konsentrasi dan fokus Anda. Jika Anda menjalankan meditasi dgn benar, maka daya konsentrasi dan fokus Anda akan  meningkat dan tetep terjaga stabil pada masa mendatang.

Perlu anda ketahui bahwa konsep meditasi bukanlah “mengosongkan pikiran” tapi “memusatkan pikiran kita pada satu hal aja”. dgn mempunyai konsep tsb dan melakukannya dgn benar maka Anda akan terbiasa buat fokus dan berkonsentasi pada satu hal aja.

Meditasi yg dilakukan dengan cara berkala dan menjadi kebiasaan akan melatih konsentrasi dan fokus Anda dengan cara berkala. Selain itu, meditasi juga bermanfaat buat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks sekaligus dapat menyegarkan otak Anda.

Nah, itulah 6 tips  supaya Anda selalu dapat menjaga konsentrasi dan fokus pada saat sedang beraktivitas. Menjaga konsentrasi dan tetep fokus akan meningkatkan performa kinerja Anda. Apakah Anda merasa salah satu orang yg susah berkonsentrasi dan fokus?



Jangan lupa bagikan jika tulisan ini bermanfaat:

Baca Juga:

Referensi dan sumber gambar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *