6 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan 7 cara Mengatasinya

Posted on


advertisements


Usia Anda baru menginjak 20 tapi sudah beruban? Pada umumnya, rambut abu-abu biasanya baru terlihat saat seseorang berumur 30-an tahun atau di awal usia 40 tahun. tapi sekarang kebanyakan orang mengalaminya lebih cepat, khususnya wanita. Menurut beberapa ilmuwan, terjadinya uban merupakan hasil dari melanosit, sel yg menghasilkan pigmen menjadi rusak.

Pigmen yg rusak menyebabkan hilangnya warna rambut. Selai itu banyak faktor lainnya yg dapat menyebabkan uban mulai nampak pada usia muda. Hal apa sajakah yg menjadi penyebab rambut beruban di usia muda? Berikut ini penjelasan tentang penyebab rambut beruban di usia muda:

6 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan 7 cara Mengatasinya

1. Faktor Genetik

Faktor genetik yaitu penyebab utama mengapa uban muncul lebih cepat. Timbulnya uban bergantung pada ‘bakat’ beruban yg diturunkan dari orang tua atau kakek nenek juga termasuk kurangnya perawatan diri.

Pola penurunannya tersimpan dalam catatan tubuh tentang rambut putih di dalam kromosom yg diwariskan dari orang tua ke anak. Ini artinya apabila orang tua mempunyai permasalahan rambut beruban pada saat masih muda maka kemungkinan besar permasalahan tsb juga akan di turunkan pada anak atau cucunya kelak.

2. Gaya Hidup dan Lingkungan

Gaya Hidup dan Lingkungan

Gaya hidup yg kurang sehat dapat menyebabkan permasalahan kesehatan bagi tubuh, salah satunya yaitu tumbuhnya uban lebih awal. Misalnya seperti mengkonsumsi junk food dan diet yg tak seimbang. Diet yg tak seimbang akan menyebabkan tubuh anda kekurangan nutrisi dan vitamin. Sehingga tubuh anda akan mengalami beberapa permasalahan kesehatan salah satunya rambut beruban.

Rokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok yg dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit dan rambut Anda sebab menurunnya fungsi melanin. Anda mungkin tak dapat melihat kerutan pada kulit kepala perokok, tapi tetep aja, merokok berdampak buruk pada folikel-folikel rambut. Bahkan polusi udara dan paparan sinar ultraviolet pun dapat menjadi pemicu timbulnya uban lebih awal.

3. Gizi yg tak Seimbang

Gizi yg tak Seimbang

Asupan gizi dan vitamin yg kurang bagus tak cuma mengganggu kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan rambut. Penyebab kekurangan gizi ini sangat beragam, salah satunya yaitu diet kurang protein, dan kekurangan vitamin B12, C dan E. Kekurangan vitamin tsb dapat mengurangi sel-sel yg menghasilkan melanin sehingga menyebabkan rambut beruban.

Kekurangan vitamin B12 ini dapat terjadi dampak jenis makanan, atau sebab penurunan sel darah merah dampak usus tak dapat menyerap jumlah cukup vitamin B12. Meskipun terkadang makanan sudah mengandung gizi yg bagus tapi menjadi tak bermanfaat jika ada gangguan pencernaan misalnya luka pada lambung yg akan membuang gizi dan mengganggu metabolisme tubuh.

Kandungan asam folat sangat penting bagi tubuh anda. Kekurangan kandungan ini dapat memperlambat pertumbuhan rambut anda sehingga dengan cara tak langsung berimbas pada kesehatan rambut dan dapat menyebabkan rambut beruban.

4. StresStres

Stres dapat menyebabkan penipisan sel induk dari dasar folikel rambut. Stres menyebabkan macetnya produksi melanin yg merupakan pigmen alami pewarna rambut. Melanin ini dihasilkan oleh sel melanosit, dan rambut berubah warna menjadi putih sebab melanosit dalam tubuh tak memproduksi melanin dalam jumlah yg cukup.

Macetnya produksi melanin sebab stres biasanya sifatnya sementara aja, sesudah faktor penyebab stres hilang atau permasalahan sudah terkendali maka maka produksi melanin kembali normal dan rambut hitam kembali muncul di kepala.

buat mengatasi stres diperlukan keseimbangan dalam waktu kerja dan istirahat. Selain itu, perbanyaklah tertawa dan lepaskan stres Anda dgn selalu berpikir positif, cara ini diketahui dapat menghambat dan mengatasi uban pada rambut.

5. Efek Kondisi Medis

Uban akan timbul lebih dini pada mereka yg mempunyai penyakit serius. Penyakit berat di berbagai organ sistem akan membuat tubuh stress, tak berfungsi dgn bagus dan selanjutnya akan membuat proses penuaan berlangsung lebih cepat sebab cadangan energi terkuras ke organ yg sakit dan pembentukan protein terganggu. Jika energi yg terkuras sangat hebat dan cepat akan timbul gejala rontok.

tapi jika berlanjut dengan cara perlahan membuat uban lebih mudah muncul. Dalam kasus langka, kemunculan uban di usia muda dapat dipicu dampak permasalahan kesehatan seperti penyakit kelenjar tiroid, penyakit autoimun seperti alopesia atau vitiligo yg menyerang kulit dan rambut.

Kekurangan tiroid atau bahkan jika terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menghasilkan uban. Setiap perubahan hormon yg signifikan dalam tubuh seperti penyakit tiroid atau kehamilan dapat menyebabakan tumbuhnya uban prematur. Bahkan bagi wanita yg mengalami menopause dini sangat berisiko beruban.

6. Penataan Rambut dgn Bahan Kimia

Penataan Rambut dgn Bahan Kimia

Sebagian orang yg ingin menghilangkan uban dgn cepat tentunya menggunakan cat rambut. Cat rambut mengandung bahan kimia yg dapat merusak sel-sel melanin sehingga akan lebih memperbanyak uban yg tumbuh daripada sebelum menjalankan pengecatan rambut.

Selain itu dgn seringnya penggunaan alat-alat salon seperti hair dryer dan catok rambut dapat membuat batang rambut menjadi lemah. Panas yg dihasilkan alat-alat tsb dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan rambut beruban.

Bahkan penggunaan minyak rambut pun akan mempengaruhi sel melanin pada rambut. Minyak rambut tak cuma mengenai rambut aja tapi juga akan meresap ke dalam pori-pori kepala. Zat-zat kimia yg terkandung di dalam minyak rambut kadang membuat rambut tak sehat dan menyebabkan kusut, gatal. Bahkan dapat menyebabkan munculnya uban.

berikutnya adakah cara buat mengatasi atau bahkan mencegah timbulnya uban di usia muda? Menghilangkan uban dgn cara dicabut, dgn mengecat atau menyemir rambut yaitu cara terpraktis yg dapat dilakukan. Semir rambut memang dalam sekejab menutupi uban pada rambut Anda, tapi perlu diingat bahwa semir rambut terbuat dari bahan-bahan kimia yg jika gunakan dalam jangka panjang jelas akan merusak rambut dan kulit kepala. Mencabut uban misalnya, di kulit kepala terdapat banyak sekali syaraf yg berhubungan dgn tubuh maka jelas aja mencabut uban dengan cara sengaja akan mempengaruhi syaraf-syaraf tsb.

Tahukah Anda ada bahan-bahan alami yg dapat membantu buat mengatasi uban pada rambut Anda? Berikut ini bahan-bahannya:

Bahan Alami buat Mengatasi Uban

1. Kemiri

Kemiri merupakan salah satu rempah yg biasanya digunakan buat bumbu masak. tapi kemiri juga mempunyai khasiat yg luar terbiasa buat rambut. Salah satunya buat mengatasi uban.

Ambilah kemiri secukupya berikutnya tumbuk hingga benar-benar halus hingga mengeluarkan minyak. Ambilah minyaknya dan usapkan merata pada rambut anda. Gunakan perawatan ini dengan cara rutin sebelum keramas. Diamkan sekitar 30 menit, berikutnya cuci rambut menggunakan shampo berikutnya bilas hingga bersih. Keringkan dgn handuk berikutnya biarkan kering dgn sendirinya.

2. Daun Rambutan

Daun Rambutan

Rambutan yaitu salah satu buah yg rasanya agak sedikit asam. Selain buahnya,  daunnya juga bermanfaat buat menghilangkan uban dan membuat rambut yg baru tumbuh berwarna hitam. Anda dapat mencoba memanfaatkan daun rambutan buat menghilangkan uban dgn cepat.

Caranya ambilah daun rambutan berikutnya haluskan menggunakan blender. berikutnya ambil sarinya buat dijadikan masker rambut. Biarkan selama 30 menit berikutnya bilas menggunakan  air hangat. Keringkan dgn handuk berikutnya biarkan kering dgn sendirinya.

3. Putih Telur dan Garam

Putih Telur dan Garam

Putih telur memang sangat bermanfaat salah satunya buat merawat kecantikan wajah. Selain itu putih telur juga dapat digunakan buat mengatasi uban. Telur apa aja bagus?  Sebaiknya gunakan putih telur dari telur ayam desa. Proteinnya jauh lebih tinggi daripada telur ayam terbiasa.

cara membuatnya, ambil telur ayam desa secukupnya berikutnya pisahkan bagian kuning telur dan bagian putih telur. Campurkan bagian putih telur tsb dgn 1 sdm garam dan 1 gelas air hangat berikutnya aduk hingga benar-benar rata. Oleskan campuran bahan tsb pada rambut dan kulit kepala, berikutnya pijat dgn lembut selama 10 menit. berikutnya diamkan selama 30 menit berikutnya cucilah rambut menggunakan shampo hingga bersih.

4. Yogurt, Lada Hitam dan Bubuk Kopi

Yogurt, Lada Hitam dan Bubuk Kopi

Yogurt yaitu salah satu minuman fermentasi yg sangat bermanfaat buat tubuh. jika dikonsumsi dgn rutin akan berakibat bagus bagi kesehatan Anda. tapi tak cuma itu, yogurt ternyata juga banyak mengandung zat yg dapat menghitamkan rambut.

Caranya yaitu, campurkan yogurt, lada hitam dan bubuk kopi berikutnya aduk hingga merata. Olesakan campuran bahan tadi dengan cara merata sebagai masker rambut. Diamkan selama 30 menit, berikutnya cuci rambut menggunakan shampo hingga bersih.

5. Ampas Teh dan Garam

Ampas teh  biasanya dibuang begitu aja. Kecuali bekas teh celup yg dapat digunakan buat mengompres mata yg sembab. tapi ternyata ampas teh dapat digunakan buat mengatasi uban. Caranya yaitu seduh teh dgn air panas berikutnya biarkan selama semalaman.

berikutnya pada pagi pisahkan ampas teh dari air sari teh menggunakan saringan. berikutnya campurkan ampas teh tsb dgn sedikit garam. berikutnya aplikasikan pada rambut seperti menggunakan masker rambut pada umumnya. Diamkan selama 30 menit berikutnya cuci rambut menggunakan shampo hingga bersih.

6. Biji Pepaya dan Minyak Kelapa

Ternyata biji pepaya dapat membantu menumbuhkan rambut. Selain itu biji pepaya juga dapat Anda gunakan buat mengatasi rambut beruban. Ambilah biji pepaya dan cuci hingga bersih berikutnya sangrai berikutnya tumbuk hingga halus. Tambahkan minyak kelapa, aduk hingga rata. Oleskan pada rambut dengan cara merata dan biarkan selama 30 menit berikutnya cuci rambut menggunakan shampo hingga bersih.

7. Minyak Kelapa dan Lemon

Penyebab Rambut Beruban

Jeruk lemon mengandung vitamn C yg sangat tinggi padahal minyak kelapa mengandung hampir seluruh senyawa mineral alami. Peras lemon berikutnya campurkan dgn minyak kelapa, aplikasikan pada rambut berikutnya diamkan selama 30 menit berikutnya cuci rambut menggunakan shampo hingga bersih.

Kombinasi kedua bahan tsb dapat anda jadikan obat tardisional buat mengatasi uban dengan cara efektif. Bahkan penggunaan kedua bahan tsb dengan cara rutin selain menghilangkan uban juga dapatmembuat rambut anda lebih lebat, hitam dan sehat.

Uban tak lagi dominan dialami oleh orang-orang yg sudah tua, perkembangan masa dan pengaruh lingkungan yg tak sehat menyebabkan banyak orang di usia muda yg dapat mengalami pertumbuhan uban di rambutnya. Lakukanlah perawatan dengan cara rutin dgn salah satu cara diatas supaya uban di kepala anda cepat hilang bahkan dapat dilakukan buat menjaga warna alami rambut pada usia Anda yg sebenarnya.

Bahan alami yg digunakan sesuai aturannya tak akan menimbulkan efek samping dalam jangka panjang. sebab itu sebaiknya laukan lebih awal buat menghindari faktor-faktor yg dapat memicu tumbuhnya uban terlalu cepat supaya kelak tak mewarisinya pada anak cucu Anda. Semoga informasi tentang Penyebab Rambut Beruban dan cara Mengatasinya ini bermanfaat buat Anda.

Artikel Menarik Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *