6 cara Mengatasi Noda Kopi dan Teh Pada Mug Kesayangan Anda

Posted on


advertisements


sudah mengalami permasalahan dgn noda kopi dan teh pada mug kesayangan Anda? Apa yg Anda kerjakan, mencoba membersihkannya atau membeli yg baru?  Minuman kopi dan teh seringkali meninggalkan noda pada gelas dalam jangka lama apalagi gelas atau mug yg terbuat dari porselin ataupun kaca. Dan jika noda kopi dan teh terakumulasi cukup banyak maka noda tsb semakin bandel dan susah dihilangkan.

Sebelum Anda memutuskan buat membeli mug baru, tak ada salahnya jika Anda mencoba membersihkan noda tsb. Selain menggunakan cairan penghilang noda kopi dan teh yg sudah banyak tersedia dipasaran, ada baiknya jika Anda mencoba membersihkan noda tsb dgn bahan-bahan yg mudah Anda dapatkan di dapur Anda. Bahan-bahan apa sajakah yg dapat dipergunakan?


advertisements

Berikut ini 6 cara mengatasi noda kopi dan teh pada mug kesayangan Anda ala Bacaterus:

Lemon

Lemon

Lemon merupakan salah satu buah-buahan citrus yg paling banyak digunakan di dunia, bagus buat keperluan konsumsi maupun non konsumsi. Sari lemon terdiri dari 5 hingga 6% asam sitrat yg membuatnya mempunyai rasa asam.

Lemon biasanya diolah menjadi jus, limun, pie, pancake, dan  dapat dijadikan campuran salad atau acar. Lemon juga banyak digunakan buat mengatasi permasalahan kecantikan seperti menghilangkan flek hitam, mencerahkan kulit wajah, memutihkan ketiak dan selangkangan hitam dan banyak manfaat kesehatan dan kecantikan lain sebab mengandung vitamin C, antioksidan dan antibakteri dalam jumlah yg cukup tinggi.

tapi lemon juga dapat digunakan buat mengatasi noda kopi dan teh pada mug  yg membandel dan susah dihilangkan. Caranya yaitu dgn menuang air panas ke dalam gelas, mug, atau teko keramik Anda yg bernoda, berikutnya tambahkan air perasan lemon. Diamkan selama satu malam, sesudah itu cuci seperti terbiasa menggunakan sabun pencuci piring dan bilas hingga bersih.

Cuka dan Garam

Cuka dan Garam

Cuka merupakan senyawa kimia asam organik yg dikenal sebagai pemberi rasa asam dan aroma dalam makanan yg mengandung 3–9% volume asam asetat. padahal garam terdiri dari 40 persen natrium dan 60 persen klorida. Garam tipe ini akan membantu menjaga kadar air dalam darah Anda. Zat ini diperlukan buat pergerakan muatan litrik di saraf yg menggerakkan otot kita.

tapi cuka dan garam jika dikombinasikan dapat membantu mengelupas noda dan  membuatnya bersih dari noda kopi maupun teh yg membandel. Bagaimana caranya? Campurkan cuka dan garam, berikutnya gosokkan pada noda di gelas, mug, atau teko keramik Anda. berikutnya, cuci seperti terbiasa menggunakan sabun pencuci piring dan bilas hingga bersih.

Baking Soda

Baking Soda

Baking soda biasanya digunakan dalam produksi roti atau kue. sebab baking soda jika dicampurkan dgn bahan lain akan membentuk gas karbondioksida yg menyebabkan roti mengembang. Baking soda juga banyak digunakan buat memutihkan gigi, mencerahkan lutut, siku hitam dan lain-lain.

tapi ternyata baking soda juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi noda kopi dan teh pada mug. Caranya, taburkan baking soda pada noda, berikutnya gosok-gosok menggunakan spons. sesudah itu, cuci seperti terbiasa menggunakan sabun pencuci piring dan bilas hingga bersih.

Nanas

Nanas

Buah tropical ini banyak mengandung vitamin C. Selain itu juga mengandung vitamin B, berbagai mineral seperti mangan, dan serat. Buah nanas yaitu satu-satunya sumber bromelain, yaitu enzim proteolitik yg banyak digunakan buat mengobati berbagai macam penyakit. Nanas dapat dimakan langsung, atau buat campuran salad bahkan dibuat menjadi jus dan minuman lainnya.


advertisements

Selain itu nanas juga dapat digunakan buat membersihkan noda kopi dan teh pada mug kesayangan Anda. Caranya yaitu potong buah nanas, ambil bagian tengahnya yg agak keras (yg biasanya tak ikut dimakan), berikutnya gunakan buat menggosok-gosok noda, berikutnya cuci seperti terbiasa menggunakan sabun pencuci piring dan bilas hingga bersih.

Pemutih Pakaian

Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian yaitu bahan-bahan kimia yg dapat digunakan buat mengatasi kotoran yg membandel pada pakaian. Bahan aktif yg terkandung dalam pemutih pakaian, antara lain natrium hipoklorit atau natrium perklorat. Pemakaian pemutih yg berlebih dan terlalu sering menyebabkan seratserat kain menjadi keras dan rapuh. Pemutih sebaiknya cuma digunakan jika penggunaan detergen terbiasa tak mampu mengangkat kotoran dengan cara bersih.

jika noda kopi dan teh sudah terlalu lama dan menumpuk hingga susah buat dibersihkan dgn cara-cara yg sudah disebutkan pada nomor 1 hingga nomor 5, Anda dapat mencoba dgn  merendam mug, gelas ataupun teko yg ada noda kopi dan teh itu ke dalam cairan pemutih. Diamkan semalaman. Esok harinya, cuci dgn sabun seperti terbiasa. Saat mencuci mug, gelas atau teko tsb usahakanlah hingga bau pemutihnya hilang.

Cairan Pembersih Kaca dan Cermin

cara mengatasi noda kopi dan teh pada mug

Cairan pembersih kaca jendela dan cermin sudah banyak dijual dipasaran. Cairan ini efektif buat membersihkan kaca, keramik, krom, stainless steel, plastik, serta vinyl. Anda tak perlu lagi repot menghilangkan noda membandel di rumah maupun gedung sebab cairan pembersih kaca ini siap mengembalikan setiap permukaan kotor menjadi bersih.

dgn beragam pilihan wanginya yg menyegarkan juga menjadikan setiap bagian yg dibersihkan terasa harum dan wangi. tapi Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih kaca ini sebagai cara mengatasi noda kopi dan teh pada mug, gelas atau teko kesayangan Anda.

Caranya yaitu dgn menaburkan beberapa sendok makan cairan pembersih kaca pada lap dan usapkan pada setiap mug, gelas atau teko yg terkena noda kopi atau teh. Atau dgn mencelupkan sikat gigi bekas kedalam cairan pembersih kaca tsb dan menggosok-gosokkannya ke bagian yg bernoda tsb. sesudah itu Anda cuci mug, Gela atau teko tsb dgn cairan pencuci piring berikutnya bilas hingga bersih.

Bagaimana? Mudah bukan 6 cara mengatasi noda kopi dan teh pada mug di atas? Semoga salah satu cara diatas dapat membantu Anda buat mengatasi noda kopi dan teh pada mug kesayangan Anda. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya:

Referensi dan sumber gambar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *