3 Manfaat Kesehatan yg Bisa Didapat Jika Anda Sudah Menikah

3 Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat Jika Anda Sudah Menikah

Orang yang sudah menikah dianggap lebih bahagia dan sehat. Namun, hal tersebut bukanlah hanya anggapan semata, sebab orang yang sudah menikah memang terbukti lebih menyehatkan. Dari menjaga kesehatan jantung hingga mental akan Anda dapatkan apabila Anda menikah. Bagaimana caranya?Dan apa saja dampaknya bagi kesehatan?

Berbagai manfaat kesehatan yang di dapatkan orang yang sudah menikah

Jika Anda memutuskan untuk menunda menikah atau bahkan tidak ingin menikah sama sekali, coba pikirkan hal ini kembali. Sebab, menikah tidak hanya membuat Anda menjadi tidak kesepian, tetapi juga banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Lalu, apa saja manfaat menikah yang bisa Anda dapatkan?

1.Orang yang sudah menikah cenderung mempunyai usia lebih panjang

Dari studi yang sudah dilakukan, diketahui jika orang yang sudah menikah cenderung memiliki umur panjang ketimbang dengan orang yang masih single atau sendiri. Kebahagiaan, rasa nyaman, dan aman yang diterima individu yang sudah menikah, dianggap sebagai salah satu alasan mengapa mereka cenderung panjang umur. Kondisi ini membuat individu terhindar dari stres. Seseorang yang jarang mengalami stres, mempunyai risiko penyakit kronis lebih kecil dibandingkan individu yang sering stres.

Lalu apakah orang yang belum menikah tidak akan merasa bahagia?

Walaupun telah dibuktikan jika menikah berdampak baik bagi kesehatan Anda, tetapi hal ini memang tergantung dengan bagaimana hubungan pernikahan yang terbentuk. Jika pernikahan yang terjadi tidak membuat Anda bahagia, maka Anda tidak akan mendapatkan semua manfaat kesehatan tersebut. Malah, mereka akan mendapatkan tekanan, mudah stres, berisiko mengalami obesitas, dan berbagai penyakit kronis.

Pada akhirnya, yang terpenting adalah bagaimana menjaga hubungan sosial Anda, entah itu hubungan persaudaraan atau persahabatan, terjalin dengan baik dan Anda akan mendapatkan kebahagiaan dari hubungan tersebut.

2. Kesehatan jantung lebih baik

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa menikah dapat memengaruhi kesehatan jantung Anda. Dalam penelitian yang berasal dari New York University’s Lagone Medical Center, wanita dan laki-laki yang sudah menikah diketahui mempunyai risiko 5% lebih rendah untuk mengalami penyakit jantung, jika dibandingkan dengan orang yang belum menikah.

Para peneliti juga kurang begitu yakin penyebab hal ini terjadi. Namun, mereka menganggap bahwa pernikahan dapat meningkatkan dukungan emosional, terbangunnya keintiman fisik, serta ikatan sosial yang lebih dalam. Dan semua hal tersebut dapat membuat tekanan darah seseorang menurun dan stabil, yang kemudian berdampak pada kesehatan jantung.

Namun, hal tersebut hanya terjadi pada pernikahan yang kualitasnya baik, di mana suami dan istri merasa bahagia akan pernikahannya.

3. Menikah baik untuk kesehatan intellectual

Orang yang sudah menikah diketahui memiliki kesehatan mental yang lebih baik, kenapa?Lagi-lagi hal ini disebabkan oleh dukungan yang individu dapatkan dari masing-masing pasangannya. Dukungan dan ikatan yang terbentuk di antara pasangan membuat mereka terhindar dari depresi.

Dalam beberapa penelitian, orang yang kesepian – seperti orang yang belum menikah – cenderung mengalami stres yang lebih sering sebab tidak ada dukungan orang di sekitar yang membuat mereka nyaman dan tenang jika sedang menghadapi tekanan.

3 Manfaat Kesehatan yg Bisa Didapat Jika Anda Sudah Menikah | sentot | 4.5