10 Tempat Angker di Surabaya yg Menyeramkan

Saat ini pembangunan di Kota Surabaya memang sedang gencar dilakukan. Apartment, pusat perbelanjaan, dan gedung-gedung lain tampak dibangun di setiap sudut kota pahlawan ini. Ya, kota terbesar kedua di Indonesia ini memang mulai ramai.

tapi, di balik keramaian dan gemerlap Surabaya, tetep aja ada beberapa spot angker yg terdapat di kota ini. Siapa sangka mall yg ramai dgn pengunjung pun dapat masuk dalam daftar tempat angker di Surabaya? Bahkan, kampus dan pintu air pun dianggap horror oleh masyarakat sekitar.

Bagi Anda yg ingin berwisata ke Surabaya, jelas tak ada salahnya buat mengunjunginya. Apa aja tempat-tempat angker di Surabaya tsb? Berikut Bacaterus akan mengulas daftar lengkapnya.

Rumah Hantu Darmo

Berada di kawasan Puncak Permai Surabaya, Rumah Hantu Darmo sudah dijadikan lokasi syuting film nasional berjudul Malam Suro Di Rumah Darmo. Konon, rumah ini dulunya merupakan rumah mewah milih sebuah keluarga Belanda. Dari isu yg tersebar di masyarakat, keluarga ini menjadi kaya raya berkat pesugihan atau ilmu hitam.

Rumah hantu darmo

Akan tapi, lama kelamaan keluarga ini tak memenuhi perjanjiannya dgn mahluk halus. Mereka memilih kabur dgn jalur laut. berikutnya, kapal yg mereka tumpangi tenggelam dan menewaskan seluruh penumpangnya.

Sejak saat itu rumah megah itu menjadi kosong dan tak berpenghuni. sebab dibiarkan kosong berlama-lama, rumah itu saat ini ditinggali banyak mahluk halus yg kerap kali mengganggu masyarakat sekitar ataupun orang yg mencoba masuk ke dalamnya.

Plaza Surabaya (Delta Plaza)

plaza surabaya

Mall yg berada di Jalan Pemuda ini cukup ramai dan terletak di dekat Monumen Kapal Selam Surabaya. tapi, siapa sangka mall yg selalu penuh pengunjung ini ternyata bekas Rumah Sakit Simpang yg menyisakan cerita misteri di dalamnya.

Saat tempat ini masih menjadi rumah sakit, ada seorang perawat yg tewas sebab terjepit lift tua di rumah sakit itu. Hingga saat ini, pada saat-saat tertentu arwah perawat tsb kerap kali menampakkan diri dalam wujud yg gepeng sebab terjepit lift. Penampakan ini dijuluki sebagai suster gepeng.

Balai Pemuda Surabaya

tempat angker di surabaya Balai Pemuda

Tempat bersejarah satu ini berada dekat di Plaza Surabaya. Pada jaman Belanda, Balai Pemuda ini merupakan sejenis tempat clubbing para muda-mudi Belanda. Mereka menghabiskan malam dgn berdansa dan minum-minum di tempat ini.

Pada tahun 1945, tempat ini berhasil direbut dan dialihfungsikan oleh rakyat Indonesia. tapi, tempat ini malah menjadi angker sebab hingga saat ini di malam-malam tertentu kerap kali terdengar suara musik-musik jaman Belanda.

Tugu Pahlawan

Siapa sangka jika monumen yg menjadi kebanggan Kota Surabaya ini dikenal sebagai salah satu spot yg angker? Monumen ini memang berada di tengah kota, posisi persisnya yaitu Jalan Tembaan, Bubutan, Surabaya. Di kawasan ini memang sangat ramai di saat siang hari. Akan tapi, saat malam hari dan tak banyak kendaraan yg melintas di jalan ini, maka itulah saat di mana mahluk astral di Tugu Pahlawan ini menampakkan dirinya.

Menurut masyarakat sekitar dan penjaga Tugu Pahlawan, sosok penampakan yg kerap kali muncul di sini yaitu jawara yg kerap kali berkeliling dan pocong yg berwujud mengerikan. Apakah Anda berani mencoba buat menguji nyali di Tugu Pahlawan ini pada malam hari?

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Nama ITS sudah terkenal hampir ke seluruh penjuru di Indonesia. Pasalnya, sudah banyak mahasiswa berbakat yg berasal dari ITS yg berhasil mengharumkan nama bangsa. Sayangnya, kampusnya yg terletak di kawasan Sukolilo ini ternyata menyimpan berbagai cerita mistis.

cerita yg paling terkenal yaitu salah satu kamar di asramanya yg sudah dijadikan tempat bunuh diri oleh seorang mahasiswa yg tertekan sebab skripsi. Bahkan, lapangan gedung Statistika ITS juga digadang-gadang sebagai pusat berkumpulnya banyak mahluk astral.

Selain di kawasan kampus, jalan kembar yg berada di depan ITS juga dihuni oleh sosok kuntilanak yg sering menampakkan diri. tapi, saat ini jalan kembar tsb sudah diberi penerangan yg memadai dan mulai ramai dilewati oleh banyak orang.

Rumah Dinas Gubernur Jatim (Gedung Grahadi)

Gedung Grahadi

Gedung Grahadi berada persis di sebelah Balai Pemuda. Usut punya usut, gedung ini tak kalah angker dgn Balai Pemuda. Di jaman dahulu kala, Gedung Grahadi berfungsi sebagai tempat peristirahatan pejabat Belanda.

Hingga saat ini, gedung bersejarah ini juga masih berfungsi sebagai rumah dinas gubernur jawa Timur. Akan tapi, Bapak Soekarno, gubernur Jawa Timur, yg akrab disapa PakDe Karwo ini enggan tinggal di rumah dinasnya ini.

Berdasarkan cerita yg beredar, di lorong-lorong Gedung Grahadi ada sesosok hantu Belanda yg kerap berjalan-jalan pada malam hari. Hantu berwujud pasukan Belanda pun kerap kali menampakkan diri di sekitar gedung yg berada di Jalan Gubernur Suryo ini.

SMA Komplek (SMAN 1, 2, 5, dan 9)

SMA Komplek

Di Surabaya ada sesuatu komplek yg terdiri dari 4 SMA negeri favorit. Nah, SMA Komplek ini mempunyai bangunan dari jaman Belanda yg masih nampak kokoh. Berdasarkan cerita siswa-siswi yg sudah mengikuti kegiatan dari sore hingga malam di sekolah ini, mereka sering memperoleh gangguan dari mahluk-mahluk tak kasat mata.

Gangguan tsb sangat beragam, mulai dari suara papan tulis yg diketuk-ketuk dgn keras padahal ruang kelas sedang kosong, air yg mengucur sendiri di toilet, penampakan tentara tanpa kepala, hingga suara mesin ketik yg terdengar hingga larut malam.

Universitas Airlangga (UNAIR)

fakultas kedokteran unair

Ini yaitu kampus favorit di Surabaya. tapi, di balik kemegahan kampus UNAIR ini terdapat beberapa cerita horror yg sedikit membuat bulu kuduk meremang. Salah satu area paling seram di UNAIR yaitu gedung Fakultas Kedokteran (FK).

Konon, ada sesosok naga besar yg tak kasat mata menghuni bangunan ini. Di malam-malam tertentu sering terdengar suara geraman naga di dekat telinga orang-orang yg masih beraktivitas atau melewati gedung FK pada larut malam.

Tak cuma itu aja, ada pula sosok pocong yg sering menampakkan diri di ruang paduan suara yg ada di sekitar gedung FK. Sering juga terdengar suara tangisan misterius di laboratorium biotek yg berada di lantai dua gedung Fakultas Farmasi.

Pabrik Padi Ketintang

Pabrik Padi Ketintang

Di kawasan Ketintang – Surabaya terdapat sebuah bangun terbengkalai yg dahulu digunakan sebagai pabrik padi. Masih ada beberapa mesin penggilingan padi yg tertinggal di bangunan tsb meskipun sudah tak sudah digunakan lagi. sebab sudah dibiarkan kosong dalam waktu yg lama, bekas pabrik padi di Ketintang ini dihuni oleh mahluk tak kasat mata.

Mahluk astral yg sering menampakkan diri di bangunan ini yaitu sosok noni belanda dan nenek tua yg diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai korban pembantaian pada masa Belanda. Bahkan, menurut penuturan masyarakat sekitar, di malam hari sering terdengar suara mesin penggilingan padi yg beroperasi sendiri.

Pintu Air Jagir

Pintu Air Jagir

jika Anda merupakan penonton setia dari acara wisata mistis, Mister(i) Tukul Jalan-Jalan, mungkin Anda sudah mengingat sesuatu episode dimana Tukul dan kawan-kawan paranormalnya sedang berkunjung ke Kota Surabaya.

Tim Mister Tukul ini mengunjungi Pintu Air Jagir yg konon dihuni oleh sosok Buaya Putih. Salah satu host paranormal yg mendampingi Tukul berkata bahwa aura mahluk astral di kawasan pintu air ini negatif. Mitos mengenai buaya putih yg beredar di kalangan masyarakat sekitar juga dibenarkan oleh Tim Mister Tukul.

Buaya putih yaitu sosok penguasa di kali (sungai) Jagir tsb. Bahkan, menurut masyarakat sekitar sosok buaya putih itu kerap kali meminta tumbal dgn menenggelamkan orang-orang yg sedang memancing atau beraktivitas di dekat sungai. Beberapa dari korban tenggelam tsb jasadnya tak sudah ditemukan.

Itu tadi ulasan beberapa tempat angker di Surabaya menurut Bacaterus. Beberapa dari tempat tsb masih berfungsi. Jika Anda ingin menguji nyali saat berada di Surabaya, tak ada salahnya Anda mencoba buat mengunjungi tempat-tempat di atas.

Baca Juga:

10 Tempat Angker di Surabaya yg Menyeramkan | sentot | 4.5