10 Manfaat Teh Jahe dan Teh Kunyit buat Kesehatan Tubuh

Posted on

Sejak nenek moyang kita, alam yaitu bagian dari kebutuhan harian buat pengolahan makanan, kesehatan bahkan kecantikan. Salah satu hasil alam yg sangat berharga yaitu rempah-rempah. Bagi masyarakat Asia, dan Indonesia khususnya, rempah-rempah sangat penting.

Dua rempah-rempah yg dikenali banyak manfaat bagi tubuh kita yaitu jahe dan kunyit. saat kedua rempah tsb menjadi bahan dasar sesuatu masakan, cita rasanya yg kuat dan khas membuat masakan itu pun bercita rasa khas.


Jahe dan kunyit yg ada dalam family Zingiberaceae pun dapat dikonsumsi oleh kita tanpa mencampurnya dalam masakan, caranya? Kedua rempah ini dapat direbus dan dan dinikmati sebagai minuman teh. Hal ini sangat memungkinkan sebab jahe dan kunyit mempunyai manfaat sebagai suplemen dan menyembuhkan beberapa penyakit.

bagus jahe maupun kunyit, keduanya mempunyai nutrisi yg komplit, seperti: magnesium, fosfor, zat besi, silicon, kalsium, beta-caroten, seng dan beberapa vitamin. Kandungannya yg kaya dapat dimanfaatkan dengan cara langsung melalui rebusan, permen, jus bahkan minyaknya. Berkaitan dgn manfaat kedua rempah ini terhadap tubuh, berikut yaitu 10 manfaatnya:

Anti-depresi

mengurangi stres

Serotonin yaitu salah satu hormon yg memicu perasaan bahagia dan nyaman. Kandungan hormon ini ditemukan pada jahe dan kunyit. capek dan stress sebab pekerjaan di kantor dapat Anda kurangi dgn dengan cara rutin meminum teh jahe dan kunyit ini sebelum tidur.

Beberapa penelitian pada jurnal Phytotherapy Research menunjukkan bahwa pasien yg didiagnosa mempunyai depresi ringan hingga major depressive disorder (MDD) mampu mengatasi depresi mereka.

Melawan kanker

kanker payudara

Jahe dan kunyit mempunyai sifat anti oksidan sehingga dapat berperan sebagai pencegah kanker. Hal ini seperti yg telah diteliti oleh “British Journal Cancer” pada tahun 1999 serta Cancer Center di Universitas Michigan di tahun 2006. Kedua penelitian ini menunjukkan hasil yg signifikan pada para pasien penderita tumor dan kanker.

Jika kunyit mampu meluruhkan sel-sel tumor dan kanker, jahe dapat menghambat pertumbuhan sel-sel itu. Oleh karenanya, Anda yg meminum dengan cara rutin rebusan jahe dan kunyit ini, jelas, dapat terhindar dari tumor dan/atau kanker. Anda dapat meminum kedua jenis teh ini bersamaan atau dengan cara terpisah.

Pastikan Anda menyaring terlebih dahulu air rebusan jahe dan kunyit tsb sehingga tak terdapat endapan pada teh Anda. Pengendapan ini bermanfaat bagi Anda sehingga partikel kecil dari ampas rebusan tak terbawa ke dalam tubuh.

Mengurangi permasalahan pernafasan

posisi tidur flu

Beberapa gejala flu seperti hidung tersumbat, tenggorokan gatal, dan batuk dapat diatasi dgn meminum teh jahe. Meminum teh jahe dicampur dgn perasan jeruk lemon dapat mempercepat pemulihan. Selain itu, air rebusan jahe dapat digunakan dgn cara menghirup uapnya.

Mengatasi permasalahan pencernaan


Anda sering begah atau kembung? Jika iya, teh jahe yaitu salah satu minuman yg tepat buat mengatasi permasalahan perut Anda. Jahe dan kunyit mampu meningkatkan fungsi pencernaan sehingga penyerapan nutrisi dari makanan dapat meningkat. Anda cukup meminum teh jahe atau kunyit ini selagi hangat sesudah selesai makan.

Meredakan mual

Jika Anda sering bepergian dan tak dapat menahan rasa pusing dan mual, meminum teh jahe dapat mengatasi mabok kendaraan Anda. Meski lebih nikmat diminum selagi hangat, teh jahe yg diminum dingin pun tak mengurangi manfaatnya.

Meringankan nyeri haid


Bagi perempuan yg seringkali mengalami nyeri haid, teh jahe ini sangat membantu jika diminum pada 3 hari menjelang dan selama haid. Jika Anda tak terlalu menyukai rasa pedas dari jahe, jelas Anda dapat menambahkan satu sendok makan madu. Selain diminum, teh jahe ini dapat dijadikan kompres buat meringankan nyeri pada perut bagian bawah.

Anda cuma perlu menyiapkan handuk kecil dan merendamnya di dalam rebusan jahe. sesudah diperas, Anda dapat meletakkannya di perut bagian bawah. Apabila rasa nyeri masih terasa, Anda dapat mengulangi kompresan ini beberapa kali sesuai kebutuhan.

Melancarkan sirkulasi darah

manfaat teh jahe

Jahe mengandung kalium, vitamin, asam amino, dan vitamin dapat memulihkan dan melancarkan sirkulasi darah. Aliran darah yg semula terhambat dan dapat menyebabkan permasalahan pada jantung. Penghambat pada sirkulasi darah salah satunya yaitu lemak yg menumpuk di aliran darah.

Lemak yg menyumbat ini jika tak segera diatasi dapat menjadi pemicu serangan jantung dan stroke. dgn adanya Kalium pada jahe, kesehatan jantung, pembuluh darah serta saluran kemih dapat senantiasa terjaga.

Mengurangi kolesterol

manfaat teh kunyit

Kunyit mengandung beberapa zat, selain curcumin, yg bermanfaat bagi tubuh. Di antara zat tsb yaitu mineral, tannin, fiber, flavonoid, kamper dan azulane. Kandungan alami pada kunyit ini dapat diterima tubuh dgn bagus jika dikonsumsi dengan cara tepat.

Kolesterol tak selamanya buruk, tapi kolesterol LDL yg mempunyai dampak buruk terhadap tubuh dapat dicegah oleh teh jahe dan kunyit. Kunyit khususnya mengandung kolesterol HDL yg bagus bagi tubuh. Selain itu, kunyit mampu menurunkan kadar kolesterol total serta meningkatkan produktifitas empedu.

Mencegah diabetes

Kadar protein dalam urin pada pengidap diabetes dapat dikurangi serta kadar gula darah dapat ditekan sehingga insulin dapat bekerja dengan cara efektif. supaya kadar gula darah seimbang, Anda sebaiknya meminum 1 gelas air hangat dicampur dgn perasan jahe.

Mencegah radang sendi/rematik

penyakit radang sendi

Pada jahe terdapat satu zat yg bersifat anti-inflamasi atau anti radang. Jika Anda pegal sesudah berolahraga atau mempunyai permasalahan sendi, rutin meminum teh jahe dapat mengatasi permasalahan tsb. Kompresan air jahe yg ditempelkan pada bagian-bagian sendi tubuh dapat pula mengurangi gejala nyeri bahkan radang sendi.

Apapun pilihan teh Anda, pastikan sebelumnya terlebih dahulu mengetahui takaran dan konsultasi bersama tenaga kesehatan pribadi. Jika Anda tak terlalu menyukai aroma atau rasa dari jahe dan kunyit, menambahkan perasan jeruk lemon, madu, atau susu almond. supaya rasanya bervariasi, Anda pun dapat menggabungkan jahe dan kunyit sebagai satu sajian tee sehat Anda.

Selamat menikmati, selamat hidup sehat…



Jangan lupa bagikan jika tulisan ini bermanfaat:

Baca Juga:

Referensi dan sumber gambar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *