10 Manfaat Mengonsumsi Minyak Kelapa Murni Bagi Tubuh (dan Efek Sampingnya)

Posted on


advertisements


Ada yg tahu minyak kelapa murni? Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil diekstrak dari kelapa yg masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi. Hal ini bertujuan supaya kandungan alaminya, seperti senyawa phenolic, tak rusak. Minyak kelapa murni berpotensi sebagai antioksidan.

Minyak kelapa terdiri dari bahan-bahan yg diduga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahan-bahan penyusun minyak kelapa antara lain asam laurat sebanyak 44 persen dan asam miristat sebanyak 16,8 persen. Senyawa yg terkandung didalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat dan kaprat dapat menjadi pemicu pertumbuhan probiotik di dalam pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat.


advertisements

Minyak kelapa murni sudah banyak dijual di apotek atau toko-toko lainnya. dgn kemasan botol yg praktis siap digunakan kapanpun Anda butuhkan. tapi tak ada salahnya jika Anda mencoba membuatnya sendiri dirumah. Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini 3 cara yg sudah Bacaterus kumpulkan buat memperoleh minyak kelapa:

virgin oil

 

Siapkan empat gelas air, berikutnya panaskan hingga beruap. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yg sudah tua. Campurkan parutan kelapa ke air panas, berikutnya blender hingga halus. Saring air kelapa yg sudah diblender dgn menggunakan saringan yg rapat supaya memperoleh santan yg banyak.

Jika santan sudah terkumpul, rebus dgn suhu sedang. Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yg berwarna kecokelatan terpisah dari minyak. Proses ini memakan waktu hingga satu jam. Pastikan buat tak berhenti mengaduknya.

Potong kecil-kecil daging kelapa yg sudah tua. Blender hingga halus dan jika dibutuhkan dapat menambahkan air supaya dapat memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya. Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air dan kerjakan berulang supaya menghasilkan santan yg banyak.

Diamkan hasil perasan dalam wadah toples selama 24 jam supaya lapisan santan dan minyak kelapa terpisah. Masukkan ke lemari pendingin atau simpan di ruangan dingin buat mempercepat terbentuknya dadih. Buang dadih dan dapatkan minyak kelapa murni yg tertinggal di dalam toples atau wadah.

Gunakan kelapa segar atau kelapa parut tawar yg dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil berikutnya keringkan selama satu hari. Jika memakai kelapa parut yg dijual di toko, pastikan memakai jenis permukaan yg kasar. Masukkan ke juicer sedikit demi sedikit supaya proses pemisahan kelapa dan minyak berjalan lancar.

kerjakan proses ini hingga semua kelapa telah diproses. Ulangi proses ini sekali lagi supaya semua minyak kelapa keluar. Tuangkan hasil juicer ke dalam toples dan simpan di tempat yg bersuhu hangat selama sehari penuh. sesudah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di permukaan, sementara lapisan kental akan mengendap di dasar toples. buat memperoleh minyak kelapa yg siap digunakan, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah baru.

sesudah mengetahui cara membuatnya, apa aja sebenarnya manfaat minyak kelapa buat kesehatan tubuh? Berikut 10 manfaat minyak kelapa murni bagi kesehatan tubuh:

Mengontrol berat badan

Gunakanlah minyak kelapa murni sebagai minyak saat memasak atau dimasukkan ke dalam salad. Kandungan dalam minyak kelapa murni dipercaya dapat membantu menstimulasi metabolisme. Minyak kelapa murni terdiri dari asam lemak rantai sedang yg mudah masuk ke dalam sel-sel hati. Kelebihannya ini menjadikan minyak kelapa sebagai lemak yg cepat dibakar tubuh menjadi energi.


advertisements

Asam lemak rantai sedang tak mudah diubah menjadi cadangan lemak, menjadi mendorong penurunan berat badan. tapi Anda tetep harus berolahraga dan menjalani pola makan yg sehat dan seimbang. Minyak kelapa murni dapat dikatakan sebagai bagian kecil dari pola makan yg bagus. Penggunaan minyak kelapa dalam hal mengontrol berat badan dapat dilakukan dgn cara menambahkan satu sendok teh buat diet dan kerjakan dengan cara bertahap hingga dgn empat sendok makan per hari.

Kecantikan Kulit

Membantu Melembabkan Kulit

Mengobati jerawat tak harus selalu menggunakan obat berbahan kimia, tapi dapat juga dgn minyak kelapa murni. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa murni diduga kuat efektif mengurangi peradangan dan melawan bakteri. Selain buat merawat jerawat, kandungan asam laurat dalam minyak kelapa murni juga berfungsi sebagai pelembap buat kulit kering, mencegah pengelupasan kulit, mencegah munculnya keriput, dan mengencangkan kulit.

tak cuma buat kulit yg sehat, minyak kelapa murni juga dapat digunakan buat mengobati infeksi kulit seperti eksim, dermatitis, psoriasis dan infeksi kulit lainnya. Efek antibakterinya diduga sangat bermanfaat buat melawan penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit ini. Khasiat minyak kelapa murni buat kulit perawatan kulit banyak dimanfaatkan oleh berbagai banyak produk kecantikan. Setidaknya ada berbagai produk seperti sabun, krim, dan lotion yg memanfaatkan minyak ini buat membantu meremajakan kulit.

Mengontrol Gula Darah

Gula Darah

Asupan minyak kelapa murni dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit. Minyak kelapa murni dapat berpengaruh positif terhadap hormon tiroid dan mengontrol gula darah sehingga dapat membantu meningkatkan penggunaan insulin di dalam tubuh.

Rantai asam lemak dalam minyak kelapa murni diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa murni juga dipercaya dapat memperbaiki sensitivitas insulin. tapi, masih diperlukan penelitian yg lebih luas buat membuktikan hal ini.

Perawatan Rambut

hair

Minyak kelapa murni yaitu salah satu nutrisi alami terbaik buat rambut sebab dapat membantu dalam pertumbuhan rambut dan dapat menjadikan rambut yg  sehat serta berkilau. Minyak kelapa murni memberikan manfaat kondisioner alami yg sangat bagus dan membantu proses pertumbuhan kembali rambut yg rusak. Minyak kelapa murni mempunyai kandungan protein penting yg diperlukan buat rambut rusak dan pemulihan berbagai kerusakan rambut. Studi penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa murni memberikan perlindungan yg lebih bagus buat rambut dari kerusakan yg disebabkan oleh kelelahan.

Jika Anda dengan cara teratur memijat kepala dgn minyak kelapa murni, anda dapat memastikan bahwa kulit kepala bebas dari ketombe bahkan pada saat kulit kepala kering. Hal ini juga membantu dalam menjaga rambut dan kulit kepala bebas dari kutu dan telur kutu serta berbagai bakteri lainnya yg akan mengganggu kulit kepala.

Membantu Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Jika Anda mengalami luka bakar bagus itu terkena knalpot, tak sengaja menyentuh wajan atau panci yg masih panas saat memasak atau luka bakar ringan lainnya jelas akan menimbulkan rasa  yg sangat tak menyenangkan bahkan akan menimbulkan bekas di permukaan kulit tubuh Anda. Selain menggunakan salep atau krim yg banyak tersedia ia apotik, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa murni pada luka bakar tsb.

Sehingga akan membantu supaya tak terjadi bekas luka yg dapat merusak estetika kulit. cara menggunakan nya cukup mudah oleskan minyak kelapa murni pada luka bakar atau panas secukupnya dan jangan dicampur dgn air atau bahan lain, ini akan efektif buat mencegah terjadinya bekas luka bakar yg mengganggu.

Antioksidan buat Jantung

jantung

Minyak kelapa murni mengandung polifenol sebagai antioksidan yg bagus buat jantung. Polifenol diduga kuat dapat mengurangi terjadinya hipertensi atau darah tinggi sebab polifenol mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah dampak menumpuknya plak lemak pada dinding pembuluh darah.

Hal ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. tapi tetep aja Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dgn dokter sebelum mengkonsumsi minyak kelapa murni ini.

Meningkatkan Sistem Imun

immune system

Minyak kelapa murni mengandung zat lipid antimikroba, asam kaprat, asam laurat, dan asam kaprilat yg mempunyai sifat anti jamur, anti bakteri dan antivirus. Tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin, dari berbagai penelitian zat yg dihasilkan ini sangat penting buat membasmi virus dan bakteri.

Virus dan bakteri yg seperti apa aja? Yaitu virus dan bakteri yg dapat menjadi penyebab utama penyakit seperti influenza, herpes, dan bahkan HIV. Bakteri lain juga dapat dibasmi dgn khasiat minyak kelapa murni seperti  Listeria monocytogenes, Helicobacter pylori dan Protozoa berbahaya seperti giardia lamblia.

Meningkatkan Energi

Minyak kelapa murni merupakan salah satu sumber yg sangat penting yg dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Kandungan kalori yg cukup tinggi menjadikannya salah satu sumber nutrisi herbal yg dapat membantu meningkatkan energi dengan cara instan.

Mengurangi Risiko Alzheimer

Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yg dapat merusak fungsi otak yg membuat penderitanya lupa akan berbagai hal seperti teman, keluarga, aktivitas dan berbagai hal lainnya. Kandungan zat keton dalam minyak kelapa murni sangat bagus buat menjaga fungsi otak saat tubuh mempunyai kandungan glukosa yg lebih rendah.

Keton juga dapat membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi buat membantu para penderita alzheimer. Dosis yg ditentukan yaitu 2 sendok teh per hari dapat membantu fungsi kognitif.

Mencegah Penyakit Hati

Minyak kelapa murni mengandung trigliserida dan asam lemak yg dapat membantu dalam mencegah penyakit hati. saat mencapai hati, kedua zat ini sangat mudah diproses menjadi energi. Efek jangka panjangnya yaitu mengurangi beban kerja hati dan juga mencegah penumpukan lemak dalam hati.

berikutnya, apakah ada efek samping negatif yg dapat terjadi dari mengonsumsi minyak kelapa murni ini?

Diare yg mungkin akan dialami oleh seseorang diakibatkan oleh sifat minyak kelapa murni itu sendiri yg berfungsi sebagai antivirus dan anti bakteri. Proses anti bakteri ini akan menyebabkan terjadinya proses penguraian bahan makanan dari sistem pencernaan, dimana minyak kelapa murni ini akan bekerja menguras kandungan bakteri negatif dalam sistem pencernaan tubuh.

Proses diare dialami sebab ada kemungkinan tubuh kita masih perlu beradaptasi dgn senyawa kimia organik yg terkandung dalam bahan virgin coconut oil.buat mengatasi hal tsb, pada saat pertama kali mengkonsumsi minyak kelapa murni ini sebaiknya dalam jumlah yg sedikit, sehingga tubuh tak tersentak menerima asupan minyak kelapa murni tsb.

Biasanya efek diare akan hilang dgn sendirinya sesudah beberapa kali mengkonsumsi minyak kelapa murni.

Efek samping yg berikutnya yaitu reaksi alergi dari seseorang yg mempunyai riwayat alergi terhadap kelapa ataupun kandungan senyawa yg terdapat dalam minyak kelapa murni. tapi, sangat kecil sekali terjadinya reaksi alergi terhadap seseorang yg menggunakan minyak kelapa murni ini.

Penelitian  buat membuktikan manfaat minyak kelapa saat ini masih minim, maka disarankan buat tak terlalu mengandalkan minyak kelapa dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan dengan cara umum. buat menjaga kesehatan dengan cara keseluruhan, lebih bagus memprioritaskan pola makan yg seimbang dan olahraga yg teratur.

Minyak kelapa tetep mengandung lemak jenuh, sebaiknya tak mengonsumsinya dengan cara berlebihan. Serta tak disarankan pada wanita hamil atau menyusui dimana menggunakan minyak kelapa dgn berlebihan.

padahal buat pemakaian luar, minyak kelapa dinilai cukup aman, termasuk jika dikombinasikan dgn produk herba lainnya. Misalnya buat pijat, kerokan, bahkan dapat dicampur dgn irisan bawang merah buat dibalurkan ke perut dan punggung bayi atau anak-anak buat  mengatasi masuk angin.

Artikel Menarik Lainnya:

Referensi dan sumber gambar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *