10 Manfaat Kayu Manis buat Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Kayu manis yaitu salah satu rempah-rempah yg dapat diolah buat membuat masakan lebih nikmat dan sedap. Selain itu, manfaat kayu manis tak cuma buat masakan aja. Kayu manis banyak dimanfaatkan oleh kebanyakan orang juga buat kesehatan tubuh mereka.

Kayu manis selain dapat dimanfaatkan sebagai rempah-rempah makanan, kayu manis juga mempunyai khasiat yg sangat manjur dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit dan kesehatan kulit lho. Di dunia kesehatan tak jarang kayu manis diolah sebagai pengobatan berbagai macam penyakit.


Berikut bacaterus akan mengulas khasiat kayu manis sebagai kesehatan tubuh kita, yuk simak:

Mengontrol gula darah

Manfaat Kayu Manis

Gula darah dalam tubuh harus tetep dijaga dan dikontrol supaya tak menimbulkan efek negatif buat tubuh kita. tanpa mengontrol gula darah dalam tubuh berdampak penyakit buat tubuh kita, seperti halnya diabetes. buat mencegah dan mengontrol gula darah Anda dapat mengkonsumsi kayu manis. Kayu manis sendiri mengandung antioksidan yg mampu mengoontrol tingkat atau kadar gula darah yanga ada pada tubuh kita.

Selain itu juga manfaat kayu manis dapat membantu dalam proses pencernaan sesudah makan serta membantu dalsm perbaikan respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Cukup dgn mengkonsumsi satu gram kayu manis aja dapat menurunkan tingkat gula darah.

Selain itu dgn satu gram kayu manis juga dapat menurunkan tingkat triglycerides, kolestrol buruk, dan juga kolestrol total pada pasien yg mengidap penyakit diabetes. Whfoods.com juga menyatakan bahwa kayu manis mampu menurunkan resiko penyakit jantung pada seseorang pasien diabetes.

Anti infeksi

Khasiat kedua yg di dapat dari mengkonsumsi kayu manis yaitu sebagai anti infeksi. Jika Anda khawatir dgn luka Anda yg dapat menyebabkan infeksi, Anda dapat menggunakan kayu manis sebagai anti infeksi.

Manfaat kayu manis lainnya ternyata mempunyai komponen anti infeksi yg alami atau natural. Di berbagai penelitian, kayu manis teruji efektif dalam hal menghilangkan bakteri. Seperti contohnya bakteri H. Pylori merupakan bakteri yg menyebabkan sakit maag dan berbagai macam lainnya dapat dihilangkan dgn kayu manis.

Meringankan penyakit rematik dan persendian

Rematik Manfaat Kayu Manis

Manfaat kayu manis selain buat mengontrol gula darah yg berlebih dan menghilangkan bakteri berbagai macam penyakit, ternyata kayu manis juga mampu meringankan sakit pada persendiaan dan juga penyakit rematik lho.

Kayu manis mampu menekan dan mengurangi rasa sakit yg ditimbulkan bagi penderita rematik. Hal ini sudah dibuktikan pada penelitian yg dilakukan oleh Department of Internal Medicine. Mereka dapat membuktikan bahwa kayu manis mampu mengurangi sitokin atau protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi, dan hematopoiesis yg menimbulkan rematik.

buat mengolah kayu manis ini menjadi obat nyeri sendi sangat mudah. Anda cuma perlu menyiapkan madu dan kayu manis serta air putih. Campurkan satu sendok madu dan setengah sendok kayu manis berikutnya aduk dalam air putih. Konsumsilah sebanyak dua kali sehari saat perut kosong.

Menurunkan kolesterol


Manfaat dan khasiat kayu manis lainnya yaitu mampu menurunkan kolesterol yg artinya Anda juga mampu menurunkan berat badan. Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan mengandung banyak sekali mineral seperti mangan.

Maka dari itu, kayu manis sangatlah cocok buat kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi tubuh kita dari penyakit jantung. Dan Anda juga dapat sekaligus diet sehat dgn mengkonsumsi kayu manis ini sebab manfaat kayu manis mampu menurunkan kolesterol dan mempunyai serat yg cukup tinggi.


tapi, tak cuma itu. Kayu manis dgn kalsium dan serat yg tinggi mampu dalam membantu tubuh menghilangkan garam pada tubuh serta mencegah kanker usus. Dan juga serat pada kayu manis juga dapat mengatasi penyakit konstipasi serta diare.

buat menurunkan berat badan Anda cukup mencapurkan dua sendok madu dgn sejumput bubuk kayu manis dalam segelas air hangat. Konsumsilah setiap sebelum Anda sarapan dan saat Anda sebelum tidur pada saat perut Anda kosong.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Telah disebutkan sebelumnya bahwa dgn mengkonsumsi kayu manis dapat mencegah sel kanker usus. tapi ternyata tak cuma mencegah sel kanker pada usus aja. Nyatanya penelitian di University of Texas mampu membuktikan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker.

Proliferasi yaitu istilah yg artinya “memperbanyak diir” dgn mengkonsumsi kayu manis jelas aja sel kanker mampu dicegah dan tak akan memperbanyak diri dengan cara terus menerus. Dan kabarnya bahwa manfaat kayu manis lainnya juga tak cuma mencegah tapi juga mampu menyembuhkan kanker.

Meningkatkan fungsi otak

Fungsi Otak

Jika sebelumnya yg kita bahas yaitu tentant penyakit dan cara mencegah ataupun cara menghilangkan penyakit dgn kayu manis, lain halnya dgn yg satu ini. Kali ini fakta menyebutkan bahwa manfaat kayu manis dapat meningkatkan fungsi otak

cuma dgn mencium bau dari kayu manis, maka fungsi otak Anda akan meningkat dari biasanya. Hal ini telah dikonfirmasi oleh whfoods.com yg jelaskan bahwa kayu manis mampu meningkatkan proses kognitif seseorang.

Selain membantu dalam peningkatan proses kognitif seseorang, kayu manis juga dapat membantu dalam hal berkonsentrasi. Jika Anda juga mempunyai kesulitan dalam mengingat dan bekerja dengan cara cepat, Anda juga dapat dgn cuma menghirup kayu manis lho.

Menyembuhkan flu

Flu (Copy)

China terkenal dgn cara pengobatan tradisionalnya. Banyak rempah-rempahan yg diolah oleh China buat mengatasi bahkan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satu rempah-rempahan alami yg digunakan sebagai bahan obat alami yaitu kayu manis.

Masyarakat di China biasanya menggunakan manfaat kayu manis sebagai bahan pengobatan tradisional buat orang-orang yg mengalami penyakit flu.kayu manis ternyata mampu mengatasi flu sebab pada kayu manis mengandung zat yg membuat tubuh lebih hangat dan juga nyaman.

buat membuat dan mengolah kayu manis sebagai obat flu sangatlah muda. Anda cukup mencampurkan air madu hangat beserta kayu manis ke dalam gelas Anda. Minumlah sebanyak dua atau tiga kali sehari. Maka badan Anda akan terasa bugar dan flu akan teratasi.

Mencegah penggumpalan darah

Kayu manis menghasilkan minyak cinnamaldehyde yg mampu mencegah darah bergumpal. Whfoods.com juga membuktikan bahwa kayu manis mengeluarkan asam lemak anti peradangan yg dapat disebut sebagai arachidonic.

Dari asam lemak yg dikeluarkan oleh kayu manis tsb mampu mengurangi radang dan penggumpalan darah yg ada di tubuh kita.

Mengobati Jerawat

jerawat (Copy)

Nah manfaat kayu manis lainnya kali ini buat kesehatan kulit yg ada di bagian wajah. Seringkali para kaum hawa sangat dipusingkan dgn timbulnya jerawat. tapi nyatanya dgn mengkonsumsi kayu manis mampu mnegobati jerawat lho.

Resepnya pun cukup mudah cuma perlu mencapurkan madu dgn bubuk kayu manis. sesudah itu baru oleskan pada bagian wajah yg berjerawat sebelum tidur. Biarkan hingga keesokan harinya, berikutnya bersihkan wajah Anda.

Resep ini sudah digunakan oleh masyarakat China dan India sejak 5000 tahun yg berikutnya lho. Kayu manis diketahui mempunyai kandungan enzim yg dapat menghasilkan hydrogen piroksida. Enzim tsb ampuh buat mengobati dan membunuh bakteri serta jamur.

Mengatasi kesulitan buang gas

tak cuma ubi, ternyata buat mengatasi kesulitan buang gas dapat diatasi dgn cara mengkonsumsi kayu manis lho. Hal ini sudah dibuktikan oleh dua Negara yaitu Negara Jepang dan Negara India. Diketahui dgn mengkonsumsi madu bersamaan dgn bubuk kayu manis, dapat membuat Anda mudah buat buang gas.

Nah itulah 10 manfaat kayu manis yg dapat dikonsumsi oleh manusia. Jika Anda mempunyai permasalahan seperti di atas tadi, mungkin Anda dapat mencoba buat memanfaatkan kayu manis. Bagaimana menurut Anda?

 



Jangan lupa bagikan jika tulisan ini bermanfaat:

Baca Juga:

Referensi dan sumber gambar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *