10 Gua Terindah yg Paling Mempesona di Dunia

Alam menyediakan banyak hal-hal indah yg dapat kita kagumi pemandangannya bagus di udara, daratan, bahkan di bawah tanah sekalipun. dgn keindahan alam yg ada di dunia ini kita sebagai manusia boleh memanfaatkan alam tapi tetep harus bijak supaya alam tak rusak oleh tangan nakal manusia sendiri. Salah satu keindahan alam bawah tanah yaitu gua terindah yg ada di dunia.

Keunikan, keindahan, dan keelokan alam yg ada di muka bumi ini tak dapat dielakkan lagi keberadaannya. Pantai, lautan, sungai, danau, pegunungan hingga gua-gua yaitu hasil alam dengan cara alami. Anda mungkin salah satu orang yg mempunyai hobi buat melancong menyaksikan keindahan alam.


Jika Anda seorang pelancong dan gemar memburu keelokan alam di dunia ini, maka Anda harus berkunjung ke sepuluh gua yg ada di dunia ini. Yuk simak ulasan sepuluh gua terindah dan tercantik di dunia yg akan dibahas bacaterus kali ini.

Jeita Grotto, Lebanon

jeita grotto gua terindah

Jeita Grotto yaitu gua terpanjang di Timur Tengah. Selain itu ini merupakan salah satu gua terindah di dunia. Gua ini dilansir terletak di sekita 18km utara Beirut. Jeitta Grotto yg terletak di Lebanon ini terdiri dari dua bagian yg terpisah tapi saling terhubung dgn gua-gua kapur dgn panjang sekita 9km.

Gua Jeita Grotto ini sangat indah dan termasuk dalam aglomerasi yg paling indah dan menakjubkan. Gua ini terdiri dari stalaktit dan stalagmite. Gua ini juga disebut-sebut sebagai kebanggaan Lebanon. Selain itu Gua Jeita Grotto juga yaitu finalis dalam kompetisi 7 new Wonders of Nature. Bagaimana, indah bukan?

Gua Gong

gua gong gua terindah

Jika tadi berasal dari luar negeri, maka gua terindah yg satu ini tak kalah menakjubkan dari gua-gua yg ada di dunia. Gua Gong yaitu gua yg terletak di desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan ini mempunyai pemandangan stalaktit dan stalakmit yg sangat indah.

dgn latar cahaya yg memantul pada stalakmit dan stalaktit membuat gua ini semakin indah dan menakjubkan. Jika Anda ingin berkunjung ke Gua Gong Anda dapat menuju Yogyakarta berikutnya melewati Wonosari Gunungkidul, Solo, berikutnya Ponorogo Jawa Timur.

Anda juga dapat menggunakan kendaraan dari kota Solo, sebab jalanan yg relatif lebih mudah meskipun berliku naik turun pegunungan. Jalur ini ditempuh sekitar 3 jam perjalanan. Gua terindah ini terletak kira-kira 12km dari Gua Tabuhan. Anda tertarik mengunjunginya?

Gua Kristal, Mexico

gua kristal

Gua Kristal atau yg dinamakan dgn The Cave of The Crystals ini terletak di Chihuahua, Mexico. Gua ini dikelilingngi oleh Kristal-kristal dan menjadikannya gua terindah. Jika Anda memasuki gua ini, Anda akan disuguhkan pemandangan Kristal alam terbesar yg ada di bumi ini.

Kristal yg ada pada gua ini terdiri dari selenite. Kristal yg ada dalam gua ini juga terbentuk sebab posisi gua terdapat di atas kolam magma, serta air dgn mineral. sebab adanya magma maka gua mempunyai panas yg tak dapat tertahankan sesudah beberapa periode.


sebab hal itulah kita dapat akui bahwa kekayaan alam yg satu ini tak dapat diragukan lagi keindahannya dan menampilkan formasi mineral alami yg menakjubkan bukan?

Gua Waitomo, Selandia Baru

gua waitomo

Berasal dari ucap Maori yg diartikan sebagai “air melewati lubang”, gua terindah ini mempunyai lubang-lubang kecil di atasnya yg dilewati oleh air. Gua ini dikelilingi oleh batu kapur alami yg mencapai usia lebih dari dua juta tahun.


Selain batu kapur alami, gua ini mempunyai keindahan alam seperti stalakmit dan bentukan stalaktit. Gua Waitomo ini terkenal dgn kelimpahan glow-worm yg dikenal sebagai serangga yg unik yg ada di Selandia Baru.

Ribuan serangga unik ini menghuni Gua Waitomo sehingga jika Anda mengunjungi gua ini akan disuguhkan kecantikan gua dan juga Anda dapat melihat serangga unik Selandia Baru.

Gua Sima de la Cornisa

sima de la cornisa

Jika Anda seseorang yg bahagia menjalankan travelling yg menantang, mungkin Anda dapat mencoba mengunjungi gua terindah yg terletak di pegunungan Picos de Europa, Spanyol, yg satu ini. Pasalnya gua ini sangat unik tak seperti kebanyakan gua lainnya. Anda harus mengeksplor gua dgn kedalaman 1.506 meter.

yg mengetahui kedalaman gua ini pertama kali yaitu para Spelunkers yg dikenal sebagai orang-orang yg hobi mengeksplor gua. Mereka merasa tertantang dan penasaran kedalaman gua Cornisa ini sehingga mereka menjalankan observasi kedalaman gua ini. Menarik bukan?

Gua Jatijajar

jatijajar

Gua jatijajar yaitu gua asal Indonesia yg terletak di desa Jatijajar, kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Gua terindah ini mengandung dan terbentuk dari kapur ini telah ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama “Jayamenawi.”

Gua ini mempunyai garis tengah sepanjang empat meter dgn kedalaman 24 meter. Sebenarnya yg menemukan gua ini mempunyai dua versi cerita. Ada yg mengucapkan bahwa Jayamewani yg menemukannya dan ada juga yg mengucapkan seorang Bupati Ambal yg menemukannya.

Jika Anda berkunjung ke gua ini maka Anda akan disuguhkan dua pohon jati yg berdiri kokoh berdampingan dan sejajar pada tepi gua. Nah dari situlah nama gua ini dibentuk “Jatijajar” yg artinya jati yg sejajar.

Gua Eisriesenwelt, Austria

Eisriesenwelt

Gua Eisriesenwelt atau yg dikenal dgn “World of Ice Giants” yaitu gua yg terbentuk dari kapur yg luas serta gua es yg terletak di Hochkogel di pegunungan Alpen Austria. Jarak antara Eisriesenwelt sprawls lebih dari 42 kilometer melalui Tenneggebirge Alpen.

Gua ini cuma dilapisi es sekitar setengah mil. Gua ini diukir oleh sungai Salzach dan es yg terbentuk dari pencarian salju yg mengering dan membeku sehingga menjadi patung es alami. Gua ini juga termasuk mempunyai stalakmit raksasa di Posselt Hall, Great Ice Embankment, stalaktit, Hymir Castle yg merupakan tempat es sangat menakjubkan terletak 400 meter di bawah tanah.

Gua Reed Flute, China

reed flute

Kali ini gua terindah di dunia hadir dari China, Reed Flute Cave. Gua ini merupakan gua batu kapur alam di daerah Guangxi, China. Gua ini menjadi gua terindah sebab terdapat air yg alami, dan dikelilingi oleh stalakmit juga stalaktit yg menakjubkan sehingga membentu formasi yg sangat indah.

Selain itu di dalam gua ini juga terdapat prasasti yg sudah ada sejak abad ke-8. Batuan-batuan dan juga beberapa variasi warna yg ada dalam gua menjadikannya gua ini dianggap sebagai “The Palace of Arts Nature” atau diartikan sebagai “Tempat Karya Seni Dari Alam”.

Gua Majlis al Jinn, Oman

majlis al jinn

Nama gua terindah kali ini mempunyai arti dan makna yg unik yaitu “meeting place of the spirits” atau dibahasa Indonesiakan menjadi “Tempat Berkumpul Para Jin”. Selain menjadi salah satu gua terindah, gua ini juga dinobatkan sebagai gua terbesar di dunia.

Lokasi gua ini berada di Oman, Muscat Tenggara. Lokasi ini relatif susah diakses sebab tempatnya yg amat terpencil. Selain itu juga, akses pintu masuk gua ini cuma satu yaitu bukaan kecil yg terbentuk sebab erosi air hujan sehingga menjadikannya seperti puncak yg berupa kubah megah.

Gua Pindul

pindul

Kali ini gua terindah hadir lagi dari Indonesia. Gua pindul, merupakan sebuah objek wisata yg ada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Uniknya buat menyusuri gua ini, Anda dapat menyusurinya dgn menaiki sebuah ban pelampung yg mengalir di atas air sungai.

Kegiatan seperti itu disebut sebagai cave tubing. Aliran air sungai ini akan menyusuri mulai dari mulut gua hingga bagian akhir gua. Di dalam gua ini juga terdapat bagian yg cuma dapat dilewati oleh satu ban pelampung aja dan harus bergantian dgn wisatawan lainnya.

Panjang gua pindul sekitar 350 meter dan mempunyai lebar 5 meter. Jarak permukaan air dgn atap gua sekitar 4 meter. buat menelusuri gua pindul membutuhkan waktu kurang lebih satu jam.

Nah, itu lah beberapa gua-gua yg menarik dan mempesona yg dapat Anda kunjungi buat wisata. Anda tertarik mengunjunginya?



Jangan lupa bagikan jika tulisan ini bermanfaat:

Baca Juga:

Referensi dan sumber gambar:
10 Gua Terindah yg Paling Mempesona di Dunia | sentot | 4.5